Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Singaraja

Ni Made Muliartini, I Nyoman Natajaya, I Gusti Ketut Arya Sunu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja, kepuasan kerja, dan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru di SMKN 2 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 86 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sederhana sebesar 0,517, korelasi parsial 0,256 dan sumbangan efektifnya sebesar 10,74%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara etos kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sederhana sebesar 0,564, korelasi parsial 0,283 dan sumbangan efektifnya sebesar 13,61%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan korelasi sederhana sebesar 0,613, korelasi parsial 0,298 dan sumbangan efektifnya sebesar 16,75%, (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sederhana sebesar 0,564, korelasi parsial 0,288 dan sumbangan efektifnya sebesar 13,73%, (5) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan, etos kerja, kepuasan kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,794 dan kontribusinya sebesar 54,8% terhadap kinerja guru. Dengan demikian keempat variable tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan peningkatan kinerja guru di SMK 2 Singaraja.

 

Kata kunci: kepemimpinan, etos kerja, kepuasan kerja, budaya organisasi, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta; Depublish.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asricita, Ni Made. 2015. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Konseling Pada SMA Se Kabupaten Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 6, No 1.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Luthans, Fred. 1995. Organizational Behavior. Mc.Graw Hill International, New York.

Mulyasa, E. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Cipta Cekas Grafika.

Pancaria, I Nyoman. 2015. Kontribusi Efektivitas Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Etos Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 6, No 1.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Jakarta: PT.Bhuana Ilmu Populer.

Smith, J.M., Van Ness, H.C., and Abbott, M.M., 1996. Introduction to Chemical Engineering Thermodynamics, 5 ed., New York: Mc.Graw Hill Book Company, Inc.

Suardana, Putu. 2015. Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMA di Kabupaten Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 6, No 1.

Sudanta, I Wayan. 2013. Determinasi Sikap Guru Terhadap Profesinya, Kemampuan Mengelola Proses Pembelajaran dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Pendidikan Dasar Volume 3, No 1.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Agus. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Badan Penerbit IPWI.

Suryanti, Sri. 1995. Psikologi Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.