Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Video dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Rias Kreatif Siswa Kelas XI Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 2 Singaraja

Ni Ketut Yuliana Dharmayani, I Nyoman Natajaya, Dewa Gede Hendra Divayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan video dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar rias kreatif siswa kelas XI Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian semu dengan pola “The Posttest-Only Control Design” dengan besar populasi 71 orang, dan sampel 37 orang. Data dikumpulkan dengan tes. Analisis data dilakukan dengan Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran direct instruction berbantuan video terhadap hasil belajar rias kreatif siswa dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan video lebih tinggi dari pada hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Kualifikasi hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantuan video berada pada katagori sangat tinggi, dan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional berada pada katagori sedang. 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran direct instruction berbantuan video terhadap hasil belajar rias kreatif siswa dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional setelah kovariabel kompetensi pedagogik guru dikendalikan. 3) terdapat kontribusi yang signifikan kovariabel kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar rias kreatif siswa. Berdasarkan temuan-temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran direct instruction berbantuan video berpengaruh terhadap hasil belajar baik sebelum maupun setelah kovariabel kompetensi pedagogik dikendalikan.

 

Kata kunci: pembelajaran direct instruction berbantuan video, kompetensi pedagogik, hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta; Depublish.

Bastian, Indra. 2007. Sistem Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Daryanto. 2013. Strategi dan tahapan mengajar (bekal keterampilan dasar bagi guru). Bandung: CV Yrama Widya.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Koyan, I Wayan. 2011. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Lestari, Riesma Cyndai. 2013. Pengaruh Penerapan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Kompetensi Merias Wajah Panggung Kelas X Tata Kecantikan Kulit Di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung. e-Journal. Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya Volume 02 Nomor 03 Tahun 2013, hal 1-7.

Moch.Nazir. 2003. Metode Penelitian. Salemba Empat. Jakarta.

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saudagar, Fachruddin dan Idrus, Ali. 2011. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada

Sudjana dan Rivai. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Sukmana, Eis. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tambusai Utara. e-Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Surabaya: Cerdas Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.