Kontribusi Implementasi Manajemen Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Kecerdasan Spiritual, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri di Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi antara variabel manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan pelayanan kepala sekolah, kecerdasan spiritual, kepuasan kerja dengan variabel komitmen organisasional guru. Penelitian ini tergolong jenis ex-post facto dengan rancangan analisis jalur (path analisis). Populasi dalam penelitian ini sejumlah 163 orang. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 132 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dari variabel manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal tri hita karana, kepemimpinan pelayanan kepala sekolah, kecerdasan spiritual, kepuasan kerja dan komitmen organisasional guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis signifikan dan memiliki kontribusi terhadap komitmen organisasional. Sesuai dengan hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan pelayanan kepala sekolah, kecerdasan spiritual, dan kepuasan kerja secara simultan (bersama-sama) memberi kontribusi yang signifikan terhadap komitmen organisasional di SMP Negeri Kecamatan Sawan sebesar 0,914 atau 91,4%. Berdasarkan hasil analisis model regresi ŷ = 75,915 + 0,741 X1 + 0,826 X2 + 0,716 X3 + 0,732 X4 dengan Freg = 224,104 (p<0,05).
Kata kunci: Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayanan Kepala Sekolah, Kecerdasan Spiritual, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Guru.
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. G. 2004. Evaluasi Pendidikan Suatu Pengantar. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja Singaraja.
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G. 2015. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Adnyana Retig, Nyoman. 2005, Budaya Tri Hita Karana dan Efektivitas Kepemimpinan, Jurusan Ekonomi pada Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Anastasi, A. 1982. Psychological Testing. (4th ed.). London: Collier MacMillan Publishers.
Anderson, J. C. dan Gerbing, D. W. 1991. Structural Equation Modelling in Practice: A Review and Recommended Two-Step Approach. Psychological Bulletin, 193(3), pp. 411- 423.
Ardhana, W. 1987. Bacaan Pilihan dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ary, D., Jacobs, L.C., dan Razavich, A. 1985. Introduction to Research in Education. 3rd Ed. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Best, J.W. 1982. Metodologi Penelilian Pendidikan. Terjemahan Sanafiah Faisal dan Mulyadi Guntur Waseso. Surabaya: Usaha Nasional.
Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. 4th Ed. New York: Longman.
Daryanto. 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Engkoswara dan Aan Komariah. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fraenkel, J. R., & Norman E.W. 1993. How to Design and Evaluate Research in Educalion. New York: McGraw-Hill Inc.
Sudira, P. 2014. Konsep dan Praksis Pendidikan Hindu Berbasis Tri Hita Karana. Makalah Disajikan dalam Makalah Seminar Eksistensi Pendidikan Hindu dalam Sisdiknas di Era Global. Universitas negeri Yogyakarta, Yogyakarta 8 Mei 2014
Suharsimi Arikunto, S. 1989. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i1.2792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.