Studi Evaluasi Pelaksanaan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD di Desa Ubung Kaja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Desa Ubung Kaja. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan model evaluasi CIPP (konteks, input, proses, produk). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komponen variabel konteks tergolong efektivitas sebesar 31,707 %, efektivitas variabel input sebesar 21,951 %, efektivitas variabel proses sebesar 2,439 %, dan efektivitas variabel produk sebesar 7,317 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Desa Ubung Kaja dalam penelitian ini secara keseluruhan efektif dengan skor mentah yang ditransformasikan kedalam t-score menghasilkan positif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD menggunakan selisih dari f(+) dan f(-) dengan hasil analisis menunjukkan nilai CIPP (+ + + +). Jika dikonfersikan ke dalam kuadran prototype Glickman, maka efektifitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD terletak pada kuadran I (satu ) atau efektif. Artinya pada variabel konteks efektif, input efektif, proses efektif dan pada variabel produk efektif. Dengan demikian, bahwa efektifitas pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Desa Ubung Kaja adalah efektif. Meskipun tergolong sangat efektif namun masih ada kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan standar pendidik dan tenaga kependidikanbaik dari variabel konteks, input, dan proses.
Kata kunci: Studi Evaluasi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, PAUD, CIPP
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. Gede dan I Wayan Koyan. 2016. Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Singaraja: Undiksha
Agung. A. A. Gede. 2017. “Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepesktif Manajemen Pendidikan)“. Singaraja: Undiksha Press
Aliyyah, Rusi Rusmiati. 2018. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Polimedia Publishing
Ambarjaya, Beni S. 2012. Psikologi Pendidikan & Pengajaran Teori & Praktik. Yogyakarta: CAPS.
Arikunto, Suharsimi dan Safruddin Cepi. 2014. “Evaluasi Program Pendidikan
Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan Edisi Ketiga”. Jakarta: Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Divayana, Dewa Gede Hendra. 2017. “Asesmen dan Evaluasi”. Singaraja: Undiksha Press
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Melati, Risang. 2012. Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD Yang Disukai Anak-Anak. Yogyakarta: Araska.
Muslich, Masnur.2010. Bagaimana Menulis Skripsi.Jakarta: Bumi Aksara
Ni Made Adi. 2010. Tesis: Studi Evaluasi Tentang Penggunaan Dana BOS Ditinjau dari Model CIPP dalam Rangka Peningkatan Kinerja Sekolah di SMP Negeri 3 Kuta Selatan. Singaraja: Undiksha (tidak diplubikasikan)
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. 2016. Universitas Pendidikan Ganesha.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikkan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sugiyono . 2011. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sulistriyorini. 2006. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Elkaf
Sunu, I Gusti Ketut Arya. 2010. Disertasi: Pengelolaan Pendidikan Multikultural (Studi Kasus Pada SMP/MTs di Provinsi Bali). Bandung: UPI (tidak dipublikasikan)
Tilaar, H.A.R. 2008. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.