Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan transformassional, supervisi akademik, kompetensi pedagogik, motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Alat pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan skla Likert., analisis data dengan Teknik regresi ganda, korelasi parsial, uji F, uji t dan uji Koefesien Determinas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sebesar 24,84% ,(2) terdapat kontribusi yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 23,60% (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru sebesar 22,34%, (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 23,77% (5) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan transformassional, supervisi akademik kepala sekolah, kompetensi pedagogik, motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 94,55%
Kata kunci : kepemimpinan transformasional, supervisi akademik, kompetensi pedagogik, motivasi kerja, kinerja guru.
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. G dan dkk. 2011. Menjadi Guru Profesional yang Tersertifikasi. Singaraja.
Agung, A. A. G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Jogyakarta: Deepublish
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azwar, S. 2001. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Busro, M. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia.
Candiasa. I. M, 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, N. 2012. Alat Kemampuan Penilaian Guru (APKG). Singaraja: Undiksha.
Darwin, S dan Suparno. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2008. Undang-undang Republik indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Gregory, R. J. 2000. Psychological Testing: Principles, and Applacation. Boston: Allyn and Bacon
Gozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 Edis 8. Semarang : Universitas Diponegoro
Hadi, S. 2004. Analisis Refresi. Yogyakarta: Andi Ofset.
Hamzah B, 2007, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
Irwantoro, N dan Suryana, Yusuf. 2016. Kompetensi Pedagogik. Surabaya: Genta Group Production.
Kurniasih, I dan Sani B. 2017. Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik. Kata Pena.
Mulyadi dan Swastika, F. 2018. Supervisi Akademik. Malang : Madani.
Sudjana. 2001. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Susanto, A. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta : Prenadamedia Group.
TIM Dosen UPI Bandung, 2013. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Wibowo, 2014. Manajemen Kerja. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.