Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kualitas Profesional Guru di SMA Negeri 1 Sukawati

Anak Agung Nyoman Darma

Abstract


ABSTRAK

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi,  Iklim Kerja Sekolah, dan Kualitas Profesional Guru.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas professional guru, 2) kontribusi budaya organisasi terhadap kualitas professional guru, 3) kontribusi iklim kerja sekolah terhadap kualitas professional guru, 4) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan iklim kerja sekolah secara bersama-sama terhadap kualitas professional guru.

 

Penelitian ini menggunakan rancangan ex post pacto. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah  guru yang ada di SMA Negeri 1 Sukawati sebanyak 67 orang yang diambil secara proportional random sampling. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.

 

Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat kontribusi yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas professional guru dengan koefisien korelasi (r1y) sebesar 0,597 dengan kontribusi (r2) sebesar 35,60%. 2) terdapat kontribusi yang signifikan dari budaya organisasi terhadap kualitas professional guru dengan koefisien korelasi (r2y) sebesar 0,712 dengan kontribusi (r2) sebesar 50,70% 3) terdapat kontribusi yang signifikan dari iklim kerja  sekolah terhadap kualitas professional guru dengan koefisien korelasi (r3y) sebesar 0,350     dengan kontribusi (r2) sebesar 12,30% 4) terdapat kontribusi yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan iklim kerja sekolah secara bersama-sama terhadap kualitas professional guru dengan koefisien korelasi (R1,2,3y) sebesar 0,575 dengan kontribusi (R2) sebesar 57,30%. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi memberikan kontribusi yang paling besar yaitu sebesar 50,70%, sedangkan iklim kerja sekolah yang paling kecil yaitu sebesar 12,30%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan beberapa hal yaitu: 1) Kepala sekolah hendaknya berupaya meningkatkan efektifitas kepemimpinannya dan menyesuaikannya dengan tingkat kematangan guru. 2) Kepala sekolah agar dapat menciptakan iklim kerja yang lebih baik, dengan cara selalu memperhatikan masalah yang dihadapi bawahannya. 3) Dengan pemahaman tersebut kepala sekolah akan bisa menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi bawahannya 4) Para guru Agar selalu meningkatkan kompetensinya 5) Peneliti lain agar mengembangkan penelitian lanjutan karena masih banyak variabel lain yang dipandang mempengaruhi kualitas professional guru di luar variabel penelitian ini.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.