EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SMKN 3 SINGARAJA

FARIAH SUTEDJO

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan programRintisan Sekolah bertaraf Internasional di SMK Negeri 3 Singaraja ditinjau darisegi context, input, process, product, serta untuk mengetahui kendala- kendalayang terjadi dalam pelaksanaan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasionaldi SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3Singaraja dengan menggunakan evaluasi model CIPPHasil analisis data menunjukkan bahwa variabel context, variabel input,variabel process dan variabel product termasuk katagori efektif. Secara umumberdasarkan analisis CIPP pelaksanaan program RSBI di SMK Negeri 3 Singarajatermasuk katagori efektif. Kendala- kendala yang terjadi dalam pelaksanaanprogram RSBI di SMK Negeri 3 Singaraja antara lain penggunaan bahasa Inggrisdalam pengajaran Matematika, Sain, dan mata pelajaran Produktif. Pemenuhanpenggunaan ICT dalam pembelajaran dan manajemen, beban 24 jam mengajardan tuntutan administrasi yang tinggi, mengakibatkan kelelahan dan kejenuhan.

Kata Kunci : Evaluasi, Program, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.