DETERMINASI KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPUASAN KERJA, SERTA PENGALAMAN KERJA GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 8 DENPASAR

Ferdinandus Apri

Abstract


ABSTRAK

FERDINANDUS APRI. Determinasi Kompetensi Profesional, Kepuasan Kerja Guru,serta Pengalaman Kerja Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 8Denpasar.

Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2012Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Made Yudana, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Made Candiasa, M. Ikomp.

Kata kunci: Kompetensi Profesional, Kepuasan Kerja, Pengalaman Kerja, KualitasPembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi: (1) kompetensiprofessional guru terhadap kualitas pembelajaran, (2) kepuasan kerja guru terhadapkualitas pembelajaran, (3) pengalaman kerja guru terhadap kualitas pembelajaran, dan (4)secara bersama-sama antara kompetensi professional, kepuasan kerja guru, pengalamankerja guru, terhadap kualitas pembelajaran.Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto, dengan populasi penelitiansebanyak 74 orang guru di SMA Negeri 8 Denpasar, baik guru-guru yang PNS atau gurutetap maupun guru honorer. Pengambilan sampel menggunakan teknik jenuh atau sensus,sehingga jumlah sampel sama dengan jumlah banyaknya populasi yaitu 74 orang guru.Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan regresi sederhana, korelasisederhana, regresi ganda, dan analisi determinasi. Variabel bebas dalam penelitian iniadalah kompetensi professional, kepuasan kerja guru, dan pengalaman kerja guru,sedangkan variabel terikatnya adalah kualitas pembelajaran.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang positif dansignifikan antara kompetensi professional terhadap kualitas pembelajaran melaluipersamaan garis regresi: Y = 29,534 + 0,513X1 dengan kontribusi sebesar 49,7% dansumbangan efektif sebesar 32,97, (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikanantara kepuasan kerja guru terhadap kualitas pembelajaran melalui persamaan garis regresi: Y = 87,225 + 0,339X2 dengan kontribusi sebesar 36,8% dan sumbangan efektifsebesar 18,12%. (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan pengalaman kerjaguru terhadap kualitas pembelajaran melalui persamaan garis regresi: Y = 130,364 +0,785 X3 dengan kontribusi sebesar 28,5% dan sumbangan efektif sebesar 10,70%. (4)terdapat kontribusi yang positif dan signifikan secara bersama-sama kompetensiprofessional, kepuasan kerja guru, serta pengalaman kerja guru terhadap kualitaspembelajaran melalui persamaan garis regresi: Y = 35,904+ 0,340 X1 + 0,167 X2 +0,295X3 dengan kontribusi sebesar 61,8%Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi professional,kepuasan kerja guru dan pengalaman kerja guru berkontribusi secara signifikan terhadapkualitas pembelajaran di SMA Negeri 8 Denpasar. Berdasarkan hal itu, maka ketigafaktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecendrungan kualitas pembelajaran diSMA Negeri 8 Denpasar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.