KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL (RSMABI) DI KOTA DENPASAR

I B Made Satya Warma Yuda

Abstract


ABSTRAK

Kata kunci: perilaku kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, disiplinkerja guru, dan kinerja guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) kontribusiperilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) kontribusimotivasi terhadap kinerja guru, (3) kontribusi disiplin terhadap kinerja guru,(4) kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan disiplin secarabersama-sama terhadap kinerja guru RSMABI di Kota Denpasar.Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto yang berbentukkorelasional dengan sampel mencakup guru-guru RSMABI di Kota Denpasar,yang berjumlah 80 orang. Penelitian ini adalah survei. Data dikumpulkan denganmenggunakan kuisioner untuk variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah,motivasi, disiplin dan kinerja guru. Penyusunan kuesioner dilakukan denganmenggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresisederhana, regresi ganda dan analisis korelasi parsial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yangsignifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guruRSMABI di Kota Denpasar dengan kontribusi sebesar 50,1%, sumbangan efektif(SE) sebesar 21,96%, dan sumbangan relatif sebesar (SR)32,54%, (2) terdapatkontribusi yang signifikan dari motivasi terhadap kinerja guru RSMABI di KotaDenpasar sebesar 55,2%, sumbangan efektif (SE) sebesar 27,11%, dan sumbanganrelatif (SR) sebesar 40,16%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan dari disiplinterhadap kinerja guru RSMABI di Kota Denpasar dengan kontribusi sebesar43%, sumbangan efektif (SE) sebesar 18,51%, dan sumbangan relatif (SR) sebesar27,42%, dan (4) terdapat kontribusi yang signifikan dari perilaku kepemimpinankepala sekolah, motivasi dan disiplin terhadap kinerja guru RSMABI di KotaDenpasar sebesar 67,6%. Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwaterdapat kontribusi yang signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah,motivasi, disiplin terhadap kinerja guru RSMABI di Kota Denpasar. Motivasimemberikan kontribusi yang paling besar. Hal ini berarti bahwa motivasi gurumerupakan prediktor yang paling dominan dalam meningkatkan kinerja guruRSMABI di Kota Denpasar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.