KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU PEMBIMBING MATA PELAJARAN KIMIA DAN PENGALAMAN GURU MENGAJAR TERHADAP KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terdapat atau tidak kontribusi yangpositif dan signifikan antara kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah,kompetensi guru pembimbing mata pelajaran kimia dan pengalaman kerja gurudalam mengajar dengan kualitas pelaksanaan pembelajaran kimia di SMA Negerise-kabupaten Badung tahun pelajaran 2011/ 2012.Penelitian ini termasuk penelitian penelitian ex-post fakto yang berbentukkorelasional dengan menggunakan populasi sekaligus sebagai sampel seluruh gurukimia di SMA Negeri se-kabupaten Badung tahun pelajaran 2011/ 2012 yangberjumlah 30 orang sehingga tergolong ”sensus recearch”. Data dikumpulkandengan menggunakan kuesioner, observasi dan pencatatan dokumen. Datadianalisis dengan menggunakan statistik korelasi sederhana, regresi, dan korelasiparsial.Hasil analisis data menemukan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang positifdan signifikan antara supervisi kepala sekolah dengan kualitas pelaksanaanpembelajaran Kimia di SMA Negeri se-Kabupaten Badung tahun pelajaran 2011/2012 melalui persamaan garis regresi Ŷ = 488,183 + 2,470.X1 dengan kontribusisebesar 93,0%, dan sumbangan efektif (SE) sebesar 27,9%, (2) terdapat kontribusiyang positif dan signifikan antara kompetensi guru pembimbing mata pelajaranKimia terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran Kimia di SMA Negeri se-Kabupaten Badung tahun pelajaran 2011/ 2012 melalui persamaan garis regresi Ŷ= 542,378 + 2,039.X2 dengan kontribusi sebesar 59,5% dan sumbangan efektif(SE) sebesar 7,5%, (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antarapengalaman guru dalam mengajar dengan kualitas pelaksanaan pembelajaranKimia di SMA Negeri se-Kabupaten Badung tahun pelajaran 2011/ 2012 melaluipersamaan garis regresi Ŷ = 428,755+1,328.X3 dengan kontribusi sebesar 95,8%,dan sumbangan efektif (SE) sebesar 6,2%, dan (4) terdapat kontribusi yang positifdan signifikan supervisi kepala sekolah, kompetensi guru pembimbing matapelajaran Kimia, pengalaman guru dalam mengajar secara bersama-sama dengankualitas pelaksanaan pembelajaran Kimia di SMA Negeri se-Kabupaten Badungtahun pelajaran 2011/ 2012 melalui persamaan garis regresi Ŷ = 429,661 +0,742.X1 + 0,259.X2 + 0,867.X3 dengan kontribusi sebesar 98%.
Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Pengalaman Gurudalam Mengajar, Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Kimia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.453
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.