PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN PETA TEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGLI

Ni Ketut Suryani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Metode Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Peta Tematik  dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Nageri 1 Bangli dengan menggunakan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 80 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis varians  dua jalur melalui uji F dan dilanjutkan dengan uji Tukey.

Hasil  penelitian adalah : (1) secara keseluruhan prestasi belajar geografi siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik lebih tinggi daripada mengikuti metode pembelajaran ekspositori (FA=19,623 dengan=0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar geografi (FAB=99,024 dengan=0,05), (3)pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, prestasi belajar geografi siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik lebih baik daripada siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori(Q=14,378 dengan =0,05), dan (4) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, prestasi belajar geografi siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik lebih rendah daripada  siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori (Q=5,523 dengan=0,05). Dari hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik dan motivasi belajar memberikan pengaruh yang lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangli.

Penelitian ini memberikan implikasi antara lain : 1) metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik merupakan metode pembelajaran yang perlu dipertimbangkan untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran geografi, dan 2) penerapan metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik hendaknya mempertimbangkan motivasi belajar siswa.

 

Kata kunci : Metode Pembelajaran Ekspositori, Peta Tematik, Motivasi Belajar,  Prestasi Belajar Geografi

 

 

 

ABSTRACT

 

The study aimed at finding out and analysing the effect of expository instructional method aided with thematic mapping and learning motivation towards geography learning achievement of the students at class X SMA Negeri I Bangli by utilizing a Post-test Only Control Group design. There were about 80 samples selected based on random sampling technique. The data was analysed by using two-tailed variants though F-test and followed by Tukey-test.

The results indicated that: (1) as a whole the Geography learning achievement of the students joining expository instructional method aided with thematic mapping was found higher than those joining an expository method (FA=19,623 with =0,05), (2) there was an effect of interaction between instructional methods and learning motivation towards geography learning achievement (FAB=99,024 with =0,05), (3) geography learning achievement of the students having higher learning motivation when joining expository instructional method aided with thematic mapping was found better than those joining an expository method (Q=14,378 with =0,05), and (4) geography learning achievement of the students having lower learning motivation when joining expository instructional method aided with themstic mapping was found lower than those joining an expository method (Q=5,523 with=0,05). Based on the findings it could be concluded that the expository instructional method aided with thematic mapping and learning motivation could provide more effective contribution towards the improvement of geography learning achievement of the students at class X SMA Negeri 1 Bangli.

The implications of the study were: (1) the expository instructional method aided with  thematic mapping was  one of the methods to be considered in the process of learning geographv. and 2) the implementation of zuch a method also took sfudents' learning  motivation into consideration.

 

Key-words: expository instructional method, thematic mapping, learning   motivation, geography learning achievement.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.