PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS LKS TERHADAP HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS X SMA N 1 BANGLI

Ni Nyoman Sri Budi Satyawati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis LKS terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Bangli pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan pemberian tes kecerdasan logis matematis dan tes hasil belajar matematika. Data diolah dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dilanjutkan dengan uji Tukey.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruhan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis LKS lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, yang ditunjukkan oleh hasil uji F(A)hitung = 6,804  Ftabel=0,05, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika, yang ditunjukkan oleh F(AB)hitung = 48,606 tabel=0,05, (3) Untuk siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi, hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis LKS lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, yang ditunjukkan dari hasil nilai Qhitung = 9,580 pada = 0,05, (4) Untuk siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah, hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis LKS, yang ditunjukkan dari hasil Qhitung = 4,363 pada  = 0,05.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis LKS berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangli. Temuan penelitian ini memberikan implikasi: (1) bahwa setiap guru diharapkan dapat memilih model pembelajaran secara tepat, salah satunya adalah model pembelajaran penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika, (2) guru dalam menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing agar memperhatikan kecerdasan siswa.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, LKS, Kecerdasan Logis Matematis, Hasil Belajar Matematika.

 

ABSTRACT

 

The study aimed at finding out and analysing the effect of guided discovery instructional model based on student's worksheet towards mathematic learning achievement viewed from mathematic logical intelligence for the students class X SMA N I Bangli. The population involved in this study were all the students at class X SMA Negeri 1 Bangli in the academic year of 2011/2012, by'utilizing a post-test only control group design. A total number of 80 respondents were used as the samples determined based simple random sampling. The data were collected by using tests of mathematic logical intelligence and mathematic achievement test. The analysis was made by using two-tailed variant analysis (ANAVA) followed by Tukey-test.

The results indicated that (1) as a whole the students' mathematic learning achievement joining guided discovery instructional model based on student's worksheet was found higher than those joining a conventional instructional model with F1A;obser"ved=6.804>F666 o:0.05, (2) there was an interucted contribution between instructional model and mathematic logical intelligence towards mathematic learning achievement with F-obr".r"d:48.606>F-t"ne u,=0.05, (3) mathematic learning achievement of the students having higher mathematic logical intelligence and joining guided discovery instructional model based on student's worksheet was found higher than those joining a conventional instructional model with Q-observed:9.580 with o:0.05, (4) mathematic learning achievement of the students having lower mathematic logical intelligence and joining a conventional instructional model was found higher than those joining guided discovery instructional model based on student's worksheet with Q-o6."aygd:4.363 with u:0.05.

Based on the finding it could be concluded guided discovery instructional model based on student's worksheet was found to contribute towards the mathematic learning achievement viewed from mathematic logical intelligence for the students class X SMA Negeri 1 Bangli. This finding provided essential implication that (l) every teacher was expected to be able to choose appropriate instructional models, one of them was guided discovery instructional model based on student's worksheet, (2) the teaching in implementing the above instructional model should also consider the students' level of intelligence.

 

Key-words: guided discovery instructional model, students' worksheet, mathematic logical intelligence, mathematic learning achievement.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.