PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DITINJAU DARI BAKAT NUMERIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 DENPASAR

I Kadek Aditia Putra

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh dua pembelajaran dan bakatnumerik terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMPN 11 Denpasar dan melibatkan sampel sebanyak 94 siswa. Sampel penelitian denganmenggunakan random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah rancangan faktorial 2 x 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pos-tes untukmenyetarakan keadaan awal prestasi belajar matematika siswa, pre-tes digunakan untukmengukur prestasi belajar siswa, dan bakat numerik siswa diambil dari sekolah yang sudahada. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur(ANAVA 2 jalur).Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan yang signifikan padaprestasi belajar matematika antara siswa yang mmengikuti pendekatan pembelajarankontekstual dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (FA = 18,516; p < 0,05),(2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan pendekatanpembelajaran konvensional ditinjau dari bakat numerik terhadap prestasi belajarmatematika (FAB = 95,482; p < 0,05), (3) pada kelompok siswa yang memiliki bakatnumerik tinggi, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang mengikuti pendekatanpembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional (Q = 14,075; XA1B1 = 29,30> XA2B1 = 22,48; p < 0,05). (4) pada kelompok siswa yang memiliki bakat numerik rendah,terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang mengikuti pendekatan pembelajarankontekstual dengan pembelajaran konvensional (Q = 5,285; XA2B2 = 25,09 > XA1B2 =22,43; p < 0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstualdan bakat numerik berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika.

Kata-kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual, Bakat Numerik, dan PrestasiBelajar Matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.