PENERAPAN TRANSCENDENTAL MEDITATION (TM) PADA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK KESEHATAN MAHARISHI BLAHBATUH GIANYAR

I Wayan Wijaya

Abstract


ABSTRAK

Saat ini pemerintah telah menyadari bahwa generasi penerus BangsaIndonesia telah kehilangan jati diri bangsa. Indonesia sejak jaman dulu dikenalsebagai bangsa yang berbudaya, antara lain; santun, jujur, makmur, damai, dansangat bersahabat, semua itu telah mengalami degradasi dan luntur. Pengalamandemi pengalaman pada setiap era pemerintahan telah menyadarkan masyarakat,para petinggi dan pejabat saat ini untuk membentuk karakter generasi penerusbangsa secara terintegrasi melalui lembaga pendidikan. Indonesia saat ini telahmengalami titik nadir keterpurukan, dimana-mana selalu terjadi kerusuhan,seperti perkelahian atau tawuran antar pelajar, mahasiswa, bahkan antarklompok masyarakat, suku dan yang lainnya. Oleh sebab itu haruslah segeradiusahakan suatu pola dan teknik pengajaran serta system pendidikan yangmampu membentuk karakter anak bangsa yang berbudi luhur, santun, ramah,jujur, dan damai seperti ciri khas Bangsa Indonesia pada jaman dulu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.