STUDI EVALUATIF PELAKSANAAN PROGRAM PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB) BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 4 DENPASAR

Ida Bagus Ketut Astawa Udayana

Abstract


ABSTRAK

Kata Kunci : Evaluasi Program, Pusat Sumber Belajar, e-Leaning, PSB SMA Negeri 4Denpasar.

Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model CIPP bertujuanuntuk memaparkan secara rinci situasi dan kondisi serta mendeskripsikan secaraempirik tentang pelaksanaan program sekolah rintisan Pusat Sumber Belajar (PSB) diSMA Negeri 4 Denpasar, berikut dengan kendala-kendala dalam pelaksanaannya.Penelitian ini bersifat ex-post facto, dengan melakukan pengumpulan data terhadap 304responden yang terdiri atas 54 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dan 250peserta didik. Data utama diambil melalui observasi, kuesioner, data pelengkap melaluiwawancara, studi dokumentasi. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik clusterrandom sampling. Data dianalisis dengan menggunakan T-skor, diukur persentasepencapaian keefektifannya dan dibuatkan skala penilaian untuk menentukan kualifikasikeefektifannya.Penelitian ini bersifat deskriptif yang datanya diambil secara kuantitatif dankualitatif. Dari hasil analisis ditemukan bahwa : (1) tingkat efektivitas pelaksanaanprogram PSB di SMAN 4 Denpasar ditinjau dari variabel konteks mencapai rerata93,75%, berada pada kategori sangat baik. Skor menunjukkan hasil positif. (2) tingkatefektivitas pelaksanaan program PSB di SMAN 4 Denpasar ditinjau dari variabel inputmencapai rerata 75.05%, berada pada kategori baik. Analisis dengan menggunakan TSkormenunjukkan hasil positif, (3) tingkat efektivitas pelaksanaan program PSB diSMAN 4 Denpasar ditinjau dari variabel proses mencapai 86,81% berada pada kategorisangat baik. Analisis dengan menggunakan T-Skor menunjukkan hasil positif, (4)tingkat efektivitas pelaksanaan program PSB di SMAN 4 Denpasar ditinjau darivariabel produk mencapai 96,43% berada pada kategori sangat baik. Skor inimenunjukkan hasil positif, (5) kendala-kendala yang ditemukan antara lain kurangoptimalnya pemanfaatan e-learning sekolah, website PSB-PSMA, dan SIM sekolahsebagai pusat sumber belajar oleh warga sekolah.Dapat disimpulkan dari analisis keempat variabel konteks, input, proses danproduk sesuai dengan analisis T-Skor diperoleh hasil + + + + artinya positif,berpedoman pada prototipe kuadran Glickman maka hasil itu berada pada kuadran Iyang artinya pelaksanaan program rintisan PSB di SMAN 4 Denpasar digolongkansangat efektif. Adapun rekomendasi yang dapat diberikan adalah agar pihak terkaitsegera menerbitkan SK penetapan SMAN 4 Denpasar sebagai sekolah rintisan PSBsebagai payung hukum dan meningkatkan koneksi internet dengan menyewa bandwidthhingga 2 Mb agar lebih optimal.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.