DETERMINASI PERILAKU KEPEMIMPINAN, IKLIM SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN PERGURUAN RAKYAT SARASWATI DENPASAR

Ni Made Suwardani

Abstract


ABSTRAK

Kata-kata kunci : Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah, Profesionalisme Guru,dan Kinerja Guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : determinasi perilakukepemimpinan, iklim sekolah, profesionalisme guru, dan kinerja guru secarasendiri maupun secara bersama-sama pada Sekolah Dasar di LingkunganPerguruan Rakyat Saraswati Denpasar. Penelitian ini dirancang dalam desaindeskriptif korelasional ex-post facto dengan metode kuantitatif dan data yangdiperoleh dianalisis dengan analisis regresi sederhana, regresi ganda, korelasiganda, dan korelasi parsial.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pada Sekolah Dasar diLingkungan Perguruan Rakyat Saraswati Denpasar yang berjumlah 234 orangsedangkan yang menjadi sampelnya adalah 70 orang guru. Data dikumpulkandengan menggunakan kuesioner. Penyusunan kuesioner dilakukan denganmenggunakan model skala Likert.Melalui deskripsi data penelitian semua variabel mempunyai skor kategorisangat baik yaitu : Perilaku kepemimpinan (X1) sebesar 31,77, iklim sekolah (X2)sebesar 49,15, profesionalisme guru (X3) sebesar 50,613, dan sikap perilakukepemimpinan, iklim sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja gurusebesar 7,018.Analisis secara kuantitatif dengan menggunakan regresi linier sederhanamenunjukkan bahwa : 1) terdapat determinasi signifikan dari perilakukepemimpinan terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi Y = 31,77 +0,788 X1 dan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 24,41%, 2) terdapat determinasisignifikan dari iklim sekolah terhadap kinerja guru melalui persamaan garisregresi Y = 49,15 + 0,635 X2 dan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 20,66%, 3)terdapat determinasi signifikan dari profesionalisme guru terhadap kinerja gurumelalui persamaan garis regresi Y = 50,613 + 0,626 X3 dan Sumbangan Efektif(SE) sebesar 19,71%, 4) terdapat determinasi yang signifikan secara bersamasamadari perilaku kepemimpinan, iklim sekolah, dan profesionalisme guruterhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi Y = 7,018 + 0,418 X1 +0,291 X2 + 0,305 X3 dan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 64,79.Berdasarkan temuan tersebut dapat dikatakan bahwa secara terpisah dansimultan terdapat determinasi yang signifikan dari perilaku kepemimpinan, iklimsekolah, dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.