KONTRIBUSI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI PENGAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SD INTI DI KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR

Ni Nyoman Ayu Triwidiani

Abstract


ABSTRAK

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Pengajaran,Motivasi Berprestasi, Kinerja Guru

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) kontribusigaya kepemimpinan kepala sekolah, (2) kontribusi supervisi pengajaran, (3)kontribusi Motivasi berprestasi dan (4) kontribusi gaya kepemimpinan kepalasekolah, supervisi pengajaran dan Motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadapkinerja guru SD inti di Kecamatan Sukawati,Gianyar.Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang berbentuk korelasionaldengan sampel mencakup guru-guru SD Inti di kecamatan Sukawati,kabupatenGianyar, yang berjumlah 82 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakankuisioner untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah, supervisi pengajaranmotivasi berprestasi dan kinerja guru. Penyusunan kuesioner dilakukan denganmenggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresisederhana, regresi ganda dan sumbangan efektif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikandari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Inti di kecamatanSukawati, Kabupaten Gianyar dengan kontribusi sebesar 28,1%, sumbangan efektif(SE) sebesar 16,5%,(2) Terdapat kontribusi yang signifikan dari supervisi pengajaranterhadap kinerja guru SD Inti di kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar dengankontribusi sebesar 17 %, sumbangan efektif (SE) sebesar 8 %, (3) Terdapatkontribusi yang signifikan dari motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru SDInti di kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar dengan kontribusi sebesar 46%,sumbangan efektif (SE) sebesar 34%, 4) Terdapat kontribusi yang signifikan darigaya kepemimpinan kepala sekolah, supervisi pengajaran dan Motivasi berprestasiterhadap kinerja guru SD inti di Kecamatan Sukawati,Gianyar dengan kontribusisebesar 58,6%. Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwa terdapat kontribusiyang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah, supervisi pengajaran,Motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SD inti di KecamatanSukawati,Gianyar.Motivasi berprestasi yang terbentuk memberikan kontribusi yangpaling besar. Hal ini berarti bahwa motivasi berprestasi merupakan prediktor yangpaling dominan dalam meningkatkan kinerja guru SD inti di KecamatanSukawati,Gianyar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.