IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TEMATIK DALAM UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PARA SISWA KELAS PERMULAAN DI SD CIPTA DHARMA DENPASAR

Putu Indah Lestari

Abstract


ABSTRAK

Kata-kata kunci: Pendekatan tematik, Aktivitas Belajar, dan Motivasi Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajarandengan pendekatan tematik pada para siswa kelas permulaan dalam meningkatkan: 1)aktivitas belajar, 2) motivasi belajar; dan 3) kendala-kendala yang dihadapi.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II B sebanyak 48 orang. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan dengan menggunakan prosedur tindakan danseperangkat intrumen observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistikdeskriptif yaitu dengan mencari angka rata-rata (M), median (Md), dan modus (Mo),yang dilanjutkan dengan menggambarkan grafik poligon.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran denganpendekatan tematik efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar pada para siswa kelaspermulaan di SD Cipta Dharma. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rerata skoraktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 25,0417 menjadi 32,0417 pada siklus II.Berarti ada peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 7,000 (27,9534%); 2)Implementasi pembelajaran dengan pendekatan tematik efektif untuk meningkatkanmotivasi belajar pada para siswa kelas permulaan di SD Cipta Dharma. Hal iniditunjukkan oleh peningkatan rerata skor motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar24,2292 menjadi 32,6042 pada siklus II. Berati peningkatan terjadi sebesar 8,3750(34,5673%); 3) Implementasi pembelajaran dengan pendekatan tematik untukmeningkatkan aktivitas dan motivasi belajar pada para siswa kelas permulaan di SDCipta Dharma terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru dalam mengimplemantasipembelajaran tematik antara lain: guru belum memahami dengan baik tentangpembelajaran tematik, sehingga kemampuannya terbatas untuk menerapkan modelpembelajaran tematik. Sedangkan kendala yang dihadapi siswa dalam menerimapembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran tematik adalah siswa masihmalu-malu dalam mengekspresikan pendapatnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i2.474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.