KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DITINJAU DARI INTENSITAS KETERLIBATAN GURU DALAM KEGIATAN KKG DAN STATUS SERTIFIKASI

I W. Daging, N. Dantes, N. Bawa Atmadja

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan kualitas pengelolaan pembelajaran antara guru yang tersertifikasi lewat jalur Portofolio dengan yang tersertifikasi lewat jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), (2) Perbedaan kualitas pengelolaan pembelajaran antara guru yang tersertifikasi lewat jalur Portofolio dengan yang tersertifikasi lewat jalur PLPG, setelah diadakan pengendalian pada intensitas keterlibatan guru dalam KKG, dan (3) Seberapa besar kontribusi intensitas keterlibatan guru dalam KKG, terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian expost facto dan pengumpulan data keterlibatan guru dalam KKG, mempelajari dokumen pembelajaran dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran oleh guru di Kecamatan Abang. Semua data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pengelolaan pembelajaran oleh para guru yang tersertifikasi lewat jalur Portofolio dengan yang lulus sertifikasi lewat jalur PLPG, (2) setelah diadakan pengendalian pada intensitas keterlibatan guru dalam KKG, ternyata masih terdapat perbedaan yang signifikan  kualitas pengelolaan pembelajaran oleh para guru yang tersertifikasi lewat jalur Portofolio dengan tersertifikasi lewat jalur PLPG, dan (3) intensitas keterlibatan guru dalam KKG memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Kelompok Kerja Guru, Sertifikasi Jalur Portofolio, Sertfikasi Jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru.

 

ABSTRACT

This study aims to know : (1) difference learning management quality both teachers who passed the Portfolio and the PLPG certification, (2) difference learning management quality both teachers who passed the Portfolio and the PLPG certification, after controlling involvement in KKG, (3) how big the contribution of involvement the teachers intensity in KKG, with the quality of learning management. To achieve these objectives, researcher using ex post facto research and data collection of the teachers involvement in KKG, learn the lesson planning and observation of the lesson by the teacher in the Abang Sub District. The data were analyzed by using test Anacova. The results of this study are : (1) there is a difference in the quality of learning management by teachers who passed the Portfolio  compare with the  PLPG certification, (2) there is a difference  quality of learning management by teachers who passed the  Portfolio compare with the PLPG certification, after controlling the teachers involvement in KKG, dan (3) intensity of teacher involvement in KKG make a significant contribution to the quality of the learning management.

 

Keywords: Learning Management, KKG, Portfolio Certification, PLPG Certifications.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.