ANALISIS PENGARUH SIKAP PROFESIONAL, IKLIM KERJA SEKOLAH, DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN SUKAWATI
Abstract
Abstrak
Adanya fenomena mengenai penurunan kinerja guru, dapat dilihat dari guru yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, guru yang hanya mengajar tetapi fungsi mendidiknya kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap profesional, iklim kerja sekolah dan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di kecamatan Sukawati baik secara terpisah maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah guru SMP Negeri di kecamatan Sukawati yang berjumlah 176, sedangkan pengambilan sampel penelitian mempergunakan teknik Proporsional Stratified Random Sampling sehingga jumlah sampel menjadi 123 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan sikap profesional terhadap kinerja guru sebesar 45,6%, iklim kerja sekolah 48,7%, gaya kepemimpinan kepala sekolah 46,3%, dan secara bersama-sama 67,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sikap profesional, iklim kerja sekolah, dan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Sukawati secara terpisah maupun simultan.
Kata kunci: Iklim kerja, gaya kepemimpinan, kinerja guru, sikap profesional.
Abstract
Decreasing phenomena in teacher performances could be seen from number of teacher who didn’t do their job properly, taught without showing a good role model. The purpose of this research is to see the significant influent of teacher’s professionalism, work climate, and leadership’s style from school principal to teachers performances at public Middle School at Sukawati regency. This research used Ex Post Facto method correlation. Sampling was taken from all middle school at Sukawati regency which is 176 samples. Due to the usage of Proporsional Stratified Random Sampling into this research, the number of sample that been used during research become 123. The result showed that professionalism gave positive and significant influence 45,6% toward performances, 48,7 % toward work climate, 46,3% toward principal leadership style, and 67,4% all together. Based on this research, it can be concluded that there were positive and significant influences from professionalism, work climate, and leadership style to the teacher’s performances at Sukawati regency separately or continuously.
Keywords: Leadership’s style, professional’s attitude, teacher’s performance, work Climate
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.