DETERMINASI MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI AKADEMIS PENGAWAS, DAN ETOS KERJA TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA GURU SMPN DI KECAMATAN TEGALLALANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi model kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademis pengawas, dan etos kerja terhadap kualiatas pengelolaan pembelajaran pada guru SMP Negeri di Kecamatan Tegallalang. Penelitian ini merupakan sebuah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri di Kecamatan Tegallalang yang berjumlah 129 orang. Berdasarkan Tabel Krejcie dan Daryle W. Morgan (1970) diperoleh 97 guru sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi ganda, korelasi ganda, dan korelasi parsial. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa, (1) terdapat determinasi model kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru SMP Negeri 2 Tegallalang sebesar 25,5% dan SE : 15,2, (2) terdapat determinasi supervisi akademis pengawas terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru SMP Negeri 2 Tegallalang sebesar 11,2% dan SE : 5,9% (3) terdapat determinasi etos kerja terhadap kualiatas pengelolaan pembelajaran pada guru SMP Negeri di Kecamatan Tegallalang sebesar 40,4% dan SE :29,1%, dan (4) terdapat terdapat determinasi secara simultan model kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademis pengawas, dan etos kerja terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru di SMP Negeri 2 Tegallalang sebesar 50,2%.
Kata kunci: Model kepemimpinan, supervisi akademis, etos kerja, pengelolaan pembelajaran
Abstract
This study aimed to determine the determination principal’s leadership model, supervisor’s academic supervision, and the work ethic toward Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang. This study an ex-post facto. The population in this research were the whole teacher at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang with total amount 129 teacher’s. Based on Table Krejcie and Daryle W. Morgan (1970) obtained a sample of 97 teachers. Data was collected through questionnaires. Data analyzed method by simple regression, multiple regression, multiple correlation and partial correlation. Based on the results of data analyzed concluded that, (1) there were determination of principal’s leadership model towards Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang score 25.5% and effective contribution of 15,2%, (2) There were determination supervisor’s academic supervision towards Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang : 11.2% and effective contribution of 5,9 % (3) There were determination Work Ethic towards Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang score 40.4% and effective contribution of 29,1%, and (4) There were simultaneous determination principal’s leadership model , supervisor’s academic supervision, and work ethic to the quality ethic towards Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang score 50.2%.
Keywords : Principal Model, academic supervision, work ethic, learning management
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.657
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.