DETERMINASI MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI AKADEMIS PENGAWAS, DAN ETOS KERJA TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA GURU SMPN DI KECAMATAN TEGALLALANG

I W. Rembun, Made Yudana, A.A.I.N. Marhaeni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi model kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademis pengawas, dan etos kerja  terhadap kualiatas pengelolaan pembelajaran pada guru SMP Negeri di Kecamatan Tegallalang. Penelitian ini merupakan sebuah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri di Kecamatan Tegallalang yang berjumlah 129 orang. Berdasarkan Tabel Krejcie dan Daryle W. Morgan (1970) diperoleh 97 guru sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan  dengan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi ganda,  korelasi ganda,  dan korelasi parsial. Berdasarkan  hasil analisis data disimpulkan bahwa, (1) terdapat determinasi model kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru SMP Negeri 2 Tegallalang sebesar 25,5% dan SE : 15,2, (2) terdapat determinasi supervisi akademis pengawas terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru SMP Negeri 2 Tegallalang sebesar 11,2% dan SE : 5,9% (3) terdapat determinasi etos kerja  terhadap kualiatas pengelolaan pembelajaran pada guru SMP Negeri di Kecamatan Tegallalang sebesar 40,4% dan SE :29,1%, dan (4) terdapat terdapat determinasi secara simultan model kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademis pengawas, dan etos kerja terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru di SMP Negeri 2 Tegallalang sebesar 50,2%.

Kata kunci: Model kepemimpinan, supervisi akademis, etos kerja, pengelolaan pembelajaran

 

 

Abstract

This study aimed to determine the determination principal’s leadership model, supervisor’s  academic supervision, and the work ethic toward  Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang. This study an  ex-post facto. The population in this research were the whole teacher at  SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang  with total amount  129 teacher’s. Based on Table Krejcie and Daryle W. Morgan (1970) obtained a sample of 97 teachers. Data was collected through questionnaires. Data analyzed method by simple regression, multiple regression, multiple correlation and partial correlation.   Based on the results of data analyzed  concluded that, (1) there were determination  of principal’s leadership model towards  Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang score 25.5% and effective contribution of 15,2%, (2) There were determination supervisor’s academic supervision towards  Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang  : 11.2% and effective contribution of 5,9 % (3) There were determination Work Ethic towards  Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang  score  40.4% and effective contribution of 29,1%, and (4) There were simultaneous determination principal’s leadership model , supervisor’s academic supervision, and work ethic to the quality ethic towards  Teacher’s learning Management Quality at SMP Negeri in Kecamatan Tegallalang  score 50.2%.

 

Keywords : Principal Model,  academic supervision, work  ethic, learning management


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.