HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL, ETOS KERJA DAN ETIKA MORAL TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU SMK DI KOTA DENPASAR

I Pt. Batu Aksara, Nyoman Dantes, IGK. A. Sunu

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecerdasan spiritual, etos kerja dan etika moral terhadap kinerja  guru pendidikan agama hindu SMK Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sensus study dengan sample 32 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis dengan korelasi dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru Agama Hindu (2)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara etos kerja terhadap kinerja guru Agama Hindu. (3)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara etika moral terhadap kinerja guru Agama Hindu (4)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara tingkat kecerdasan spiritual, etos kerja, dan etika moral terhadap kinerja guru Agama Hindu. Sumbangan efektif (SE) Variabel tingkat kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru sebesar 30,9 %, variabel etos kerja memberikan sumbangan efektif (SE) terhadap kinerja guru sebesar 22,1 %, variabel etika moral memberikan sumbangan efektif (SE) = 20,0 % terhadap kinerja guru. Hasil temuan diatas menyarankan bahwa guru pendidikan agama Hindu SMK Kota Denpasar diharapkan untuk lebih meningkatkan kecerdasan spiritual, dan berusaha secara maksimal meningkatkan etos kerja, etika moral untuk menghasilkan kinerja guru yang optimal.

 

Kata kunci : kecerdasan spiritual, etos kerja, etika moral, kinerja guru

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the relationship of the level of spiritual intelligence, work ethic and moral ethics on the performance of SMK Hinduism teachers in Denpasar. This study uses ex-post facto design. Sampling using census study with a sample of 32 people. Data were collected by questionnaires and observation sheets. Data were analyzed by correlation and multiple regression analysis. The results showed that: (1) There is a positive and significant relationship between the level of spiritual intelligence on Hinduism teacher performance (2) There is a positive and significant relationship between work ethic on teacher Hinduism performance. (3) There is a significant positive relationship between ethics and morals on teacher Hinduism performance (4) There is a positive and significant relationship between the level of spiritual intelligence, work ethic, and moral ethics of the Hinduism teacher performance. Effective contribution ​​Variable levels of spiritual intelligence on teacher performance by 30.9%, variable work ethic contribute effectively on teacher performance by 22.1%, the variable moral ethics contribute effectively = 20.0% on teacher performance. That suggest the SMK Hinduism teacher Denpasar City is expected to further enhance the spiritual intelligence, tried to maximally improve the work ethic, and moral ethics to produce optimum teacher performance.

 

Keywords : spiritual intelligence, work ethic, moral ethics, teacher performance

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.