KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU (Studi Tentang Persepsi Para Guru SMK Negeri 1 Bangli)

Suwedana ., Nyoman Natajaya, IGK. A. Sunu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru (2) kontribusi moivasi berprestasi dengan kinerja guru  (3) kontribusi kepuasan kerjda dengan kinerjga guru (4) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kepuasan kerja secara bersama–sama dengan  kinerja guru di SMK Negeri 1Bangli.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian ex-post facto yang berbentuk korelasional dengan populasi subyek mencakup guru negeri SMK Negeri 1 Bangli yang berjumlah 67 orang. Penelitian ini menggunakan teknik  proposional random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 59 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, kepuasan kerja dan kinerja guru. Penyusunan kuesioner dilakukan dengan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda.pengolahan data dilakukan dengan SPSS 16.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara: (1) kepemimpian kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,285, Subangan Efektif (SE) sebesar 6,78% dan  determinasi sebesar 8,10%, (2) motivasi berprestasi dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,276, SE sebesar 7,42% dan determinasi sebesar 7,60%,  (3) kepuasan kerja guru dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (rx3y) sebesar 0,339, SE sebesar 11,16% dan determinasi sebesar 11,50%, (4) kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di SMK Negeri 1 Bangli dengan koefisien korelasi (Ry123) sebesar 0,516, SE sebesar 25,36% dan determinasi sebesar 26,60%. Variabel kepeuasan kerja memberikan sumbangan efektif  terbesar di antara ketiga variabel bebas tersebut terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Bangli. Hal ini berarti bahwa tinggi rendahnya kinerja guru di SMK Negeri 1 Bangli dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kepuasan kerja.

 

Kata KunciKepemimpinan, Motivasi Berprestasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja

 

Abstract

This thesis is aimed at  finding out and analyzing: (1) the contribution of the headmaster leadership to the teachers’ performance, (2) the contribution of achievement motivation to the teachers’ performance, (3) the contribution of the job satisfaction to the teachers’ performance, (4) the simultaneous contribution of the headmaster leadership, achievement motivation, and job satisfaction to the teachers’ performance at SMK Negeri 1 Bangli.

The research applied an ex-post facto design with correlation form. The subject of the research were  the 67 teachers of SMK Negeri 1 Bangli. By using proportional random sampling technique,  59 teachers were chosen  as the sample. Data collection was conducted by using questionnaires for the headmaster leadership, achievement motivation, job satisfaction, and the teachers’ performance variables. The variables were measured by using Likert Scale. The data analysis used simple and multiple regression supported by SPSS version 16.0 for windows.

The result indicated that there were significant correlations between or among: (1) the headmaster leadership to the teachers’ performance with the correlation coefficient (rx1y) 0.285, effective contribution (EC) 6.78 % and determination of 8,10 %, (2) achievement motivation to the teachers’ performance with correlation coefficient (rx2y) 0.276, effective contribution (EC) 7,42 %, and determination of 7,60 %, (3) the teachers’ job satisfaction to the teachers’ performance with the correlation coefficient (rx3y) 0.339, effective contribution 11.16 % and determination of 11.50 %, (4) the headmaster leadership, achievement motivation, and job satisfaction to the teachers’ performance at SMK Negeri 1 Bangli with correlation coefficient (rx123y) 0.156, effective contribution 25.36 % and determination 26.60 %.

Based on the findings, it was indicated that the job satisfaction has brought the highest effective contribution  to the teachers’ performance at SMK Negeri 1 Bangli. The  teachers’ performance at SMK Negeri 1 Bangli could be influenced by the headmaster leadership, the achievement motivation, and the job satisfaction.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.