MANAJEMEN PONDOK PESANTREN ASY-SYAMSIYAH DENPASAR BALI (KOMPETENSI GURU DAN BIMBINGAN POTENSI SANTRI)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki guru Pondok Pesantren Asy-Syamsiyah Denpasar Bali, (2) untuk mengetahui peran guru Pondok Pesantren Asy-Syamsiyah dalam bimbingan potensi santri, (3) strategi yang digunakan Pondok Pesantren Asy-Syamsiyah dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menemukan bahwa kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki guru Pondok Pesantren Asy-Syamsiyah masih sangat rendah. Banyak guru yang masih belum sarjana. Dalam mengembangkan potensi yang dimiliki santri guru menggunakan metode diskusi dan memberikan pembelajaran ekstra. Strategi yang dilakukan Pondok Pesantren dalam mengatasi masalah tersebut dengan cara memberikan kesempatan terhadap semua guru untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, menyesuaikan kebijakan Pondok Pesantren dengan kebijakan nasional. Pondok Pesantren mengarahkan santri untuk mengikuti perlombaan baik tingkat Kota, Provinsi maupun Nasional. Membangun sarana dan prasarana yang memadai untuk kepentingan proses pembelajaran, terutama ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium.
Kata kunci: Manajemen, Kompetensi Guru, Potensi Santri.
Abstract
This study aims to: (1) to determine the competency of teachers Pondok Pesantren Asy-Syamsiyah Denpasar Bali, (2) to determine the role of teacher-Syamsiyah Ash Boarding Schools in the guidance of potential students, (3) strategies used Asy-Syamsiyah Boarding School in overcome the problems occurred. This study used a qualitative approach. Data were collected through observations, interviews and documents. This study found that pedagogical and professional competence of teachers held Islamic Boarding Asy-Syamsiyah still very low. Many teachers are still not graduate. In developing the potential of students and teachers use discussion methods provide extra learning. Boarding strategies undertaken to overcome these problems by providing an opportunity for all teachers to continue higher education, boarding school with a policy to adjust national policies. Boarding School directs students to follow the race either city level, provincial and national. Build an adequate infrastructure for the benefit of the learning process, especially classrooms, libraries and laboratories.
Keywords : Management, Competence Of Teachers, Potential Santri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.