KONTRIBUSI PRILAKU KEPEMIMPINAN KEPELA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SMP WIDYA SUARA SUKAWATI

Rima Dinawati, Made Yudana, Made Candiasa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan: Untuk mengetahui besarnya kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Widya Suara Sukawati. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Widya Suara Sukawati. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang berbentuk korelasional dengan populasi subyek mencakup guru di SMP Widya Suara Sukawati, yang berjumlah 51 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner.

Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, dan analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Widya Suara Sukawati dengan kontribusi sebesar 88,9%, terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di SMP Widya Suara Sukawati dengan kontribusi sebesar 52,5%. Terdapat  kontribusi yang positif dan signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMP Widya Suara Sukawati dengan kontribusi  sebesar 10,5%.  Serta terdapat kontribusi   yang   positif dan   signifikan  antara   perilaku kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMP Widya Suara Sukawati dengan kontribusi sebesar 97,6%.

 

Katakunci:      perilaku kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, budaya organisasi, kinerja

 

Abstract

This study aimed at finding out and discribing : for to know how to big contribution of the principal leadership behavior, achievement motivation, and organisation culture towards teacher performance at SMP Widya Suara Sukawati . this study belonged to ex post facto research with corelational design with the population of 51 people teacher. The data were collected by using observation n questionnaire.

Data were analyzed using simple regression, multiple regression, and partial correlation analysis. The results showed there was a positive and significant contribution between principal leadership behaviors on teacher performance in SMP Widya Suara Sukawati with a contribution of 88.9%, there is a positive and significant contribution between achievement motivation on teacher performance in SMP Widya Suara Sukawati with a contribution of 52.5%. There is a positive and significant contribution to the culture of the organization on teacher performance in SMP Widya Suara Sukawati with a contribution of 10.5% and there is a positive and significant contribution between principal leadership behaviors, achievement motivation and organizational culture on teacher performance in SMP Widya Suara Sukawati with a contribution of 97.6%.

Keywords: principal leadership behavior, achievement motivation, organizational culture, performance


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.