KONTRIBUSI EKSPEKTASI KARIR, MOTIVASI BELAJAR SISWA, DAN KUALITAS SARANA LABORATORIUM TERHADAP KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM (STUDI PERSEPSI SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMK NEGERI 1 SUKAWATI)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi ekspektasi karir, motivasi belajar siswa, dan kualitas sarana laboratorium terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran praktikum baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini termasuk penelitian “ex post facto”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Sukawati, program studi Teknologi Informatika (TI) yang berjumlah 244 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang diambil adalah seluruh siswa yang memilih kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan adalah sebanyak 43 orang siswa di SMK Negeri 1 Sukawati. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi parsial dan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi ekspektasi karir terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran praktikum di SMK Negeri 1 Sukawati dengan kontribusi sebesar 18,3%, (2) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran praktikum di SMK Negeri 1 Sukawati dengan kontribusi sebesar 24,8%, (3) terdapat kontribusi kualitas sarana laboratorium terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran praktikum di SMK Negeri 1 Sukawati dengan kontribusi sebesar 28,9%, dan (4) terdapat kontribusi ekspektasi karir, motivasi belajar, dan kualitas sarana laboratorium terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran praktikum di SMK Negeri 1 Sukawati dengan kontribusi sebesar 72,0%. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat kontribusi ekspektasi karir, motivasi belajar siswa, dan kualitas sarana laboratorium terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran praktikum.
Kata kunci: ekspektasi karir, motivasi belajar siswa, kualitas sarana laboratorium, dan kualitas pelaksanaan pembelajaran praktikum
CAREER EXPECTATION CONTRIBUTION, STUDENT LEARNING MOTIVATION, AND LABORATORY MEDIUM QUALITY OF PRACTICUM LEARNING IMPLEMENTATION QUALITY
(STUDY OF STUDENT PERCEPTION IN COMPUTER TECHNICAL SKILL COMPETENCE AND NETWORK OF
SMK NEGERI 1 SUKAWATI)
I K.M. Krisnawan, Made Candiasa, Gusti Ketut Arya Sunu
Administration of Education, Postgraduate Programs,
Ganesha University
Singaraja, Indonesia
e-mail: maha.krisnawan, made.candiasa, arya.sunu@pasca.undiksha.ac.id
Abstract
The aim of this research is to find out the contribution of the career expectation, student learning motivation, and the quality of practicum learning implementation either partially or simultaneously. This research included in “ex post facto” research. The population of this research is 244 students with program study Information Technology at SMK Negeri 1 Sukawati. Sample technique chosen is all students choose the computer technique skill implementation and network whereas 43 students chose this technique at SMK Negeri 1 Sukawati. The technique of data analysis in this research is partial correlation and double linier regression.The result of this research shows: (1) 18,3 % contribution of career expectation in quality of practicum learning implementation at SMK Negeri 1 Sukawati, (2) 24,8% contribution of learning motivation in quality of practicum learning at SMK Negeri 1 Sukawati, (3) 28,9 % contribution of quality of laboratory medium in practicum learning implementation at SMK Negeri 1 Sukawati, and (4) 72,0 % contribution of career expectation, learning motivation, and quality of laboratory medium in practicum learning implementation at SMK Negeri 1 Sukawati. The conclusion of the research is there are contribution of career expectation, student learning motivation and quality of laboratory medium in quality of practicum learning implementation.
Keywords : career expectation, student learning motivation, quality of laboratory medium and quality of practicum learning implementation.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.