DETERMINASI MOTIVASI BERPRESTASI, KEBIASAAN BELAJAR, DAN KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK (STUDI PERSEPSI SISWA SENI RUPA DI SMKN 1 SUKAWATI)

I Putu Bambang Juliarta, Nyoman Natajaya, IGK. A. Sunu

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji determinasi motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan kualitas pengelolaan pembelajaran guru terhadap prestasi belajar praktik siswa. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI jurusan seni rupa dengan 80 orang pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sukawati. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner Model Skala Likert yang dikalibrasikan dengan memakai uji validitas butir dan koefisian Reliabilitas, dengan menggunakan koefisian Alpha Cronbach, uji prasyaratan analisis untuk normalitas sebaran populasi memakai uji Kolmogorov-Smirov, uji linieritas menggunakan uji F, dan uji Multikolinieritas menggunakan modul Regresi Linier dari program SPSS 16. For Windows.

Hasil penelitian adalah (1) ditemukan hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi (X1) dengan prestasi belajar praktik seni rupa (Y), dengan kontribusi sebesar 5,7%;  (2) ditemukan hubungan secara  signifikan   antara kebiasaan belajar (X2) dengan prestasi belajar praktik seni rupa (Y),  dengan kontribusi sebesar 6,2%; (3) ) ditemukan hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi (X3) dengan prestasi belajar praktik seni rupa (Y), dengan kontribusi sebesar 10,1%;  (4) ) ditemukan hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi, kebiasaan belajar, kualitas pengelolaan pembelajaran guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar praktik seni rupa, dengan kontribusi sebesar 23,9%;

Berdasarkan atas temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi, kebiasaan belajar, kualitas pengelolaan pembelajaran guru terdapat determinasi yang signifikan terhadap prestasi belajar praktik seni rupa (studi persepsi siswa di SMKN 1 Sukawati)

 

Kata kunci : Motivasi Berprestasi, Kebiasaan Belajar, Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru dan prestasi belajar

 

 

Abstract

 

The study aimed at studying the determination of The Determination of Achievement Motivation, Study Habit, The Quality of Teacher’s Learning Management toward learning Practice fine Art Achievement. This study was an ex-post facto research. The population consisted  of the 80 class students of the Productive Speciality Program of Fine Art at SMK Negeri 1 Sukawati

The data were collected by questionnaire that likert’s scale model calibrated by item validity and reliability coefficient using cronbach’s alpha coefficient and the population distribution normality test as a requirement of analysis was done by Komogorov-Smirnov’s test, the linierity test was done by F-test, and Multicolinierity test by using linier regression module of the SPSS 16 for Windows program.

The result showed, first, that there was a positif and significant correlation between achievement motivation (X1) and learning Practice fine Art Achievement (Y), with the contribution of 5,7%;  second, that there was  a significant correlation between study habit (X2) and learning Practice fine Art Achievement (Y), with the contribution of 6,2%; third, that there was a positif and significant correlation between The Quality of Teacher’s Learning Management (X3) and learning Practice fine Art Achievement (Y), with the contribution of 10,1%; and fourth, that there was a positif and significant correlation between achievement motivation, study habit, The Quality of Teacher’s Learning Management simultaneously and learning Practice fine Art Achievement (Y), with the contribution of 23,9%.;

In the light of the findings it can be concluded that achievement motivation, Study Habit, The Quality of Teacher’s Learning Management have a significant determination  toward learning Practice fine Art Achievement (  student’s perception at SMK Negeri 1 Sukawati)

 

Keywords:  Achievement Motivation, Study Habit, The Quality of Teacher’s Learning Management,  learning Practice fine Art Achievement.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.