STUDI EVALUATIF TENTANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SMA NEGERI SE KABUPATEN TABANAN TAHUN 2012/2013

PEGGY UMAMY ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA .

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Efektivitas Pengelolaan Perpustakaan Sekolah pada SMA Negeri se Kabupaten Tabanan tahun 2012/2013, dilihat dari komponen konteks, input, proses, dan produk serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan sekolah pada SMA Negeri se Kabupaten Tabanan dan jika program dilanjutkan. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri se kabupaten Tabanan dengan melibatkan Kepala Sekolah, Guru, Pustakawan/Petugas perpustakaan, dan siswa dari unsur OSIS. Penentuan subyek penelitian dengan teknik Purposipe Sampling, yakni warga sekolah yang sangat terikat dengan pelaksanaan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah sebanyak 117 orang. Penelitian ini tergolong penelitian evaluatif menggunakan model CIPP. Secara kuantitatif proses evaluasi dilakukan dengan menekankan pada aspek obyektivitas, reliabilitas, dan validitas, pengukuran yang difokuskan pada data dalam bentuk angka-angka dan menggunakan analisis T-Skor. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument berbentuk kuesioner. Untuk menentukan tingkat evektivitas pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan sekolah, data T-Skor dikonfersikan ke dalam kuadran Prototipe efektivitas pengelolaan perpustakaan sekolah. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa komponen konteks, input, proses, dan produk diperoleh hasil yang positif (+ + + + ). Bila diverifikasi ke dalam prototype efektivitas pengelolaan perpustakaan sekolah, terletak pada kuadran I, atau sangat efektif. Pada komponen konteks terdapat kendala kurang efektif (-) pada komponen siswa. Komponen input terdapat kendala kurang efektif (-) pada komponen siswa. Komponen proses kendala kurang efektif (-) pada pustakawan/petugas perpustakaan. (5) Pada komponen produk tidak ditemukan adanya kendala.

Kata Kunci : Kata kunci : Studi Evaluatif , Efektivitas Pengelolaan Perpustakaan Sekolah

Abstract
This study aims to determine the level of effectiveness of the School Library Management of Public Senior High Schools in the city of Tabanan Year 2012/2013 , seen from the component context , input , process , and product as well as the constraints faced in the implementation of management programs at the school library of Public Senior High Schools in the city of Tabanan and if program continued . The research was conducted at Public Senior High Schools in the city of Tabanan regency involving Principals , Teachers , Librarians / library staff , and students from OSIS elements . Determination of study subjects with Purposipe Sampling techniques , namely the school community are very committed to the implementation of the School Library Management as much as117 people. This study classified as descriptive research - quantitative . In this study using CIPP models . In quantitative evaluation process carried out with the emphasis on objectivity , reliability , and validity , which is focused on the measurement data in the form of figures and analysis using T - Score . Data was collected through questionnaires shaped instrument . To determine the level of implementation of the program evektivitas school library management , T - Score dikonfersikan the data into quadrants Prototype effectiveness of school library management . From the results of the analysis indicate that the component context , input , process , and products obtained positive results ( + + + + ) . If verified the effectiveness of the prototype into the school library management , located in quadrant I, or very effective . In the context of component constraints are less effective ( - ) on the student component . Component input constraints are less effective ( - ) on the student component . Component constraints process less effective ( - ) on the librarian / librarian . ( 5 ) On the components of the product , there are no constraints.

keyword : Keywords: Evaluative Studies, School Library Management Effectiveness

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.