The Effect of Thematic Patterning Technique and Achievement Motivation in Learning English upon Writing Competency at VIII year Students of SMP 2 Kuta Selatan in the Academic year 2013/2014

NI MADE TRIANI ., Prof. Dr.I Nyoman Adi Jaya Putra, MA ., Dr.Ni Made Ratminingsih, MA .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik dalam menulis teknik pola pentemaan (Thematic Patterning technique) dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi menulis siswa siswa kelas VIII SMP N 2 Kuta Selatan. Penelitian ini menggunakan design 2x2 faktorial dengan variable bebas thematic patterning technique dan teknik konvensional. Variable moderator adalah tingkatan motivasi berprestasi siswa. Variable terikatnya adalah kemampuan siswa dalam menulis. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi berprestasi adalah kuisioner motivasi berprestasi, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi menulis adalah tes kompetensi menulis. Penganalisisan data adalah menggunakan ANOVA dua jalur dan pengujian tindak lanjut. Hasil penelitian ini dapat dilihat sebagai berikut: a) terdapat pengaruh yang signifikan dalam kemampuan menulis diantara siswa yang diajar dengan menggunakan teknik pola pentemaan dan teknik konvensional, b) terdapat interaksi yang signifikan antara teknik pengajaran menulis (teknik thematic patterning dan teknik konvensional) dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan menulis siswa, c) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang diajar dengan menggunakan teknik pola pentemaan dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang diajar dengan teknik konvensional, dan d) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang diajar dengan teknik pola pentemaan antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah diajar dengan teknik konvensional.
Kata Kunci : teknik pola pentemaan, motivasi berprestasi, kemampuan menulis siswa.

This research aimed at investigating the effect of thematic patterning technique and achievement motivation on student’s writing competency toward the VIII year students of SMP N 2 Kuta Selatan. It used 2x2 factorial design, the independent variable was thematic patterning technique and the moderator variable was students’ achievement motivation level (high and low) and students’ writing competency was dependent variable. The data were obtained through questionnaire, and writing competency test. Two-way ANOVA was used to analyze data and then continued by post hoc testing using Tukey test. The findings of the study were: a) there was a significant difference in writing competency of the students who were taught by thematic patterning technique is higher than those who are taught by conventional technique. b) There was an interactional effect between thematic patterning technique and achievement motivation on students’ writing competency. c) There was a significant difference on students’ writing competency between the students with high achievement motivation taught by thematic patterning technique and conventional technique, and d) there was a significant difference on students’ writing competency between the students with low achievement motivation taught by using thematic patterning technique and conventional technique.
keyword : thematic patterning technique, achievement motivation, student’s writing competency

Refbacks

  • There are currently no refbacks.