Pengaruh Penerapan Metode Membaca PQRST Ditinjau dari Minat Membaca Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Berbasis Teks Cerita pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Dawan. Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

KETUT ARDANA ., Prof. Dr. I Nengah Suandi,M.Hum ., Dr.Gde Artawan,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini diterapkan metode membaca pemahaman PQRST ditinjau dari minat membaca siswa khususnya pada pemahaman isi bacaan berbasis teks cerita. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2, yang bertujuan untuk meneliti pengaruh metode penerapan pembelajaran membaca PQRST ditinjau dari minat membaca terhadap kemampuan memahami bacaan berbasis teks cerita pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Dawan. Penelitian ini melibatkan 92 orang siswa sebagai sampel, yang dipilih melalui teknik sampling acak sederhana.
Data kemampuan membaca diperoleh melalui sebuah tes membaca yang didasarkan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), sedangkan data minat membaca dikumpulkan melalui sebuah kuesioner minat. Kedua instrumen telah divalidasi sebelum dikenakan pada sampel penelitian. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalan dan Uji Tukey.
Hasil analisis varian menunjukkan adanya interaksi antara metode membaca yang digunakan dengan minat membaca. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh bahwa penerapan metode PQRST dengan memperhatikan minat membaca siswa (minat membaca tinggi dan rendah) hasilnya lebih baik daripada penarapan metode PQRST tanpa memperhatikan minat membaca siswa. Lebih jauh, hasil uji Tukey menunjukkan bahwa kemampuan siswa memahami bacaan berbasis teks cerita secara signifikan berbeda, yaitu antara siswa yang dibelajarkan dengan metode PQRST dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode membaca secara konvensional. Perbedaan ini signifikan, baik pada kelompok minat tinggi maupun pada kelompok minat rendah.
Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa metode membaca PQRST dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami bacaan berbasis teks cerita, baik siswa yang memiliki minat membaca tinggi maupun siswa yang memiliki minat membaca rendah

Kata Kunci : metode membaca PQRST, minat membaca, dan kemampuan memahami isi bacaan

The Effects of Reading Methods and Interest in Reading Toward the Ability Understanding Literature-Based Reading Texts on Grade IX Students of Junior High School 2 Dawan Klungkung. The Study Program of Indonesian Language, Graduate Program of Ganesha University of Education
keyword : Reading methods PQRST, interest in reading and reading ability

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.