AN ANALYSIS ON GENDER REPRESENTATION IN EFL TEXTBOOKS USED IN JUNIOR HIGH SCHOOL – ENGLISH IN FOCUS SERIES

I Dewa Putu Eka Adi Putra

Abstract


Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek gender dalam buku teks Bahasa Inggris yang sekarang ini digunakan di Sekolah Menengah Pertama, English in Focus. Dalam penelitian ini terdapat tiga buku yang dianalisis terkait dengan lima aspek gender, antara lain kemunculan gender (gender visibility), pengedepanan (firstness), aktivitas kaum perempuan dan laki-laki, pekerjaan kaum perempuan dan laki-laki, dan representasi stereotipe dalam bahasa.

Penelitian ini dirancang sebagai sebuah penelitian deskriptif yang menerapkan teknik analisis isi (Content Analysis) untuk menunjukkan dan memverifikasi data yang diperlukan. Guna memperoleh hasil yang komprehensif, penelitian deskriptif ini menerapkan dua kerangka analisis, antara lain analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis jumlah kemunculan kaum laki-laki dan perempuan dalam ilustrasi dan teks, pengedepanan, pekerjaan kaum laki-laki dan perempuan, aktivitas kaum perempuan dan laki-laki, sementara analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis pengedepanan, pekerjaan kaum laki-laki dan perempuan, aktivitas kaum perempuan dan laki-laki, dan representasi stereotipe dalam bahasa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stereotipe terhadap gender masih digambarkan dengan jelas di dalam buku teks yang dianalisis, khususnya pada pekerjaan kaum laki-laki dan perempuan. Di samping itu, persentase kemunculan laki-laki lebih besar dari pada persentase kemunculan perempuan dalam lima aspek gender yang dianalisis. Oleh karena itu, ketiga buku teks tersebut seolah-olah hanya diperuntukkan bagi kaum laki-laki.

Selanjutnya, disarankan kepada peneliti lain yang mengkaji masalah yang sejenis untuk menganalisis lebih banyak buku teks dan mengkaji perlakuan/tindakan guru terhadap buku teks yang mengandung  stereotipe terhadap gender.

 

 

Kata kunci:   buku teks, kemunculan gender, pengedepanan, stereotipe terhadap gender, representasi stereotipe dalam bahasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.