Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI UPW SMK Wira Harapan Tegal Jaya, Dalung

NI MADE DWI ARYASTINI ., PROF.DR. I NENGAH SUANDI, M.Hum ., PROF.DR. IDA BAGUS PUTRAYASA, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI UPW SMK Wira Harapan, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI UPW SMK Wira Harapan, dan (3) penilaian pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI UPW SMK Wira Harapan. Rancangan penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI UPW SMK Wira Harapan berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah, khususnya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah disusun secara sistematis dan terorganisasi dengan baik sesuai dengan pedoman perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran mengikuti sintak model pembelajaran berbasis masalah yaitu penyampaian konsep dasar, pendefinisian masalah, pembelajaran mandiri, pertukaran pengetahuan, serta penilaian dan ciri pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah adalah adanya pemberian masalah kepada siswa kemudian masalah tersebut dihubungkan dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, (3) penilaian pembelajaran dilakukan pada tiga aspek, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan pengolahan nilainya dilakukan dengan mencari nilai akhir pada setiap aspek kemudian dikonversikan untuk mendapatkan predikat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran terlaksana dengan baik serta sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah dan Kurikulum 2013.
Kata Kunci : PBM, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran

This study aimed at describing (1) the planning of problem-based learning in Indonesian lesson in class XI UPW student of SMK Wira Harapan, (2) the implementation of problem-based learning in Indonesian lesson in class XI UPW student of SMK Wira Harapan, and (3) the problem-based learning assessment in Indonesian lesson in class XI UPW student of SMK Wira Harapan. This study was designed in the form of descriptive qualitative research. The subjects of the study were an Indonesian teacher and 40 students of XI UPW at SMK Wira Harapan. The object of the study was a model of problem-based learning, especially lesson plan, activity, and assessment. The data were collected by using documentation method and classroom observation. The data were analyzed by using the steps of data reduction, data presentation, and inference. The results showed that (1) planning problem-based learning in subjects Indonesian already arranged in a systematic and well organized in accordance with the guidelines for instructional planning, (2) the implementation of learning follow the syntax problem-based learning models: the basic concept, defining the problem, independent learning, exchange of knowledge, also the assessment and learning characteristics of problem-based learning model was the grant of a problem to the students and then the problems associated with knowledge and skills in Indonesian subject, (3) the assessment of learning was done in three aspects, namely the attitude, knowledge, and skills and processing the value was done by looking at every aspect of the final value then converted to obtain the predicate. Based on these results it can be concluded that the planning, implementation, and assessment of learning were performing well and appropriate with the model of problem-based learning and the Curriculum 2013.
keyword : PBL, lesson plan, activity, and assessment of learning

Refbacks

  • There are currently no refbacks.