Penerapan Metode Sugesti-Imajinasi dengan Media Lagu dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rendang

I WAYAN SUMERTA ., DR. GDE ARTAWAN, M.Pd. ., PROF.DR. IDA BAGUS PUTRAYASA, M.Pd .

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu, (2) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru ketika menerapkan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu, dan (3) respons siswa terkait dengan penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu dalam pembelajaran menulis paragraf narasi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rendang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Rendang. Objek penelitian ini adalah penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, dan respons siswa terkait penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner. Ada beberapa langkah dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu dilakukan melalui beberapa langkah yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2) Kendala guru, yaitu guru sulit mengondisikan kelas, perhatian siswa yang belum terfokus dalam pembelajaran. (3) Siswa merespons positif pembelajaran dengan metode sugesti-imajinasi berbantu media lagu dalam pembelajaran menulis paragraf narasi, yaitu dengan skor 40,8. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu sudah sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. Kendala guru ialah sulit mengondisikan siswa. Respons siswa positif, yaitu sebesar 40,8. Untuk itu, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan metode sugesti imajinasi sebagai alternatif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : metode sugesti-imajinasi, paragraf narasi.

This qualitative descriptive study aimed to describe (1) the application of the suggestion-imagination methods by the song media, (2) the constraints faced by teachers when applying the suggestion-imagination methods by the song media, and (3) students respond in the application of the suggestion-imagination methods by the song media in writing learning narrative paragraphs Class X students of SMAN 1 Rendang. The subjects were teachers and students of class X SMA Negeri 1 Rendang. The object is the application of the suggestion-imagination methods by the song media, the constraints faced by teachers when applying the suggestion-imagination methods by the song media, and students respond in the application of suggestion-imagination methods of the song media. Data collection method used is the observation, interviews, and questionnaires method. There are several steps in analyzing the data, namely data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed that (1) the application of the suggestion-imagination methods by the song media is done through some effective steps to learning goal. (2) Constraints teachers, which is a difficult condition the classroom, and the attention students not focused in the learning process. (3) Students respond is positive to learning which uses a method of suggestion-imagination by the song media, with score 40,8. Based on the results and discussion, it can be concluded that the suggestion-imagination methods by the song media is appropriate with the steps that have been set. For that suggestion to Indonesian teachers to use this the suggestion-imagination methods as a alternative of the learning.
keyword : suggestion-imagination methods, narrative paragraphs.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.