PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAPADA SISWA AFASIA KELAS IV SLB B NEGERI SINGARAJA

NI KADEK OKTAVIANA ., PROF.DR. I WAYAN RASNA, MPd. ., DR. GDE ARTAWAN, M.Pd. .

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa afasia kelas IV SLB B Negeri Singaraja, (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa afasia kelas IV SLB B Negeri Singaraja, dan (3) penilaian pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa afasia kelas IV SLB B Negeri Singaraja. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas IV SLB B Negeri Singaraja. Objek penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa afasia, pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa afasia, dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa afasia kelas IV SLB B Negeri Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Ada beberapa langkah dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaa pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa afasia kelas IV SLB B Negeri Singaraja sudah sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran dan kebutuhan siswa dalam memperoleh pengetahuan saat pembelajaran berlangsung. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik dan sistematis sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. (3) Penilaian yang dilakukan oleh guru sudah relevan dengan proses pembelajaran dan materi yang sesuai dengan kondisi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah dilaksanakan oleh guru dengan baik. Untuk itu, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar lebih meningkatkan kreativitas dalam mengajar agar siswa afasia dapat mengerti dan mudah menerima pelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran bahasa Indonesia Afasia.

This qualitative descriptive study aimed to describe (1) the planning of learning Indonesian on aphasia students class IV SLB B Negeri Singaraja, (2) the implementation of the Indonesian learning on aphasia students class IV SLB B Negeri Singaraja, and (3) evaluation of Indonesian learning on aphasia students class IV SLB B Negeri Singaraja. The subjects were teachers who teach in class IV SLB B Negeri Singaraja. The object of this study is planning of learning Indonesian on aphasia students, the implementation of the Indonesian learning on aphasia students, and evaluation of Indonesian learning on aphasia students class IV SLB B Negeri Singaraja. Data collection method used is the method of observation and documentation. There are several steps in analyzing the data, namely data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed that (1) the planning of learning Indonesian on aphasia students is appropriate with the implementation of learning and the needs of students in acquiring knowledge when learning takes place. (2) In the implementation of learning, teacher learning activities properly and systematically in accordance with the plans that have been made previously. (3) Evaluation carried by teacher is relevant to the learning process and materials in accordance with the conditions of the students. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the planning, implementation, and evaluation has been carried out by the teacher well. For that reason, it is advisable to Indonesian teachers to improve their creativity in teaching so that aphasia students can understand and easy receive lessons.
keyword : Learning Indonesian Afasian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.