ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN BAHASA IKIP PGRI BALI
Abstract
Kata kunci : analisis kesalahan bahasa, skripsi, mahasiswa IKIP PGRI Bali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan fonologi, semantik, morfologi dan sintaksis dalam skripsi Jurusan Bahasa IKIP PGRI Bali. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah skripsi Jurusan Bahasa IKIP PGRI Bali sedangkan objeknya adalah kesalahan fonologi, semantik, sintaksis, dan morfologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data kesalahan berbahasa dari tataran fonologi, semantik, morfologi, dan sintaksis. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah prosedur analisis data kualitatif yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam setiap skripsi mahasiswa terdapat kesalahan tataran fonologi, semantik, morfologi dan sintaksis. Dalam tataran fonologi terdapat kesalahan perubahan fonem dan penghilangan fonem. Kesalahan tataran semantik yaitu kesalahan karena pasangan seasal dan kesalahan pasangan terancukan. Dalam tataran morfologi, terdapat kesalahan penghilangan afiks, bunyi yang seharusnya luluh tidak diluluhkan, peluluhan bunyi yang seharusnya tidak luluh, penggantian morf, penyingkatan morf, penentuan bentuk kata yang tidak tepat, penempatan afiks yang tidak tepat. Kesalahan tataran sintakis meliputi, penggunaan preposisi yang tidak tepat, kesalahan susunan kata, penggunaan unsur yang berlebihan, penggunaan bentuk superlatife yang berlebihan, penjamakan yang ganda. penggunaan bentuk resiprokal yang tidak tepat, kalimat yang tidak logis, kalimat yang ambigu, dan urutan yang tidak paralel. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu, dalam fonologi didominasi oleh kesalahan perubahan fonem sebanyak 92,85%. Dalam tataran semantik didominasi oleh kesalahan kesalahan pasangan yang seasal sebanyak 100%. Wujud kesalahan morfologi didominasi oleh kesalahan bunyi yang seharusnya luluh tidak diluluhkan sebanyak 30,03%, dan wujud kesalahan sintaksis didominasi oleh kesalahan penggunaan unsur yang berlebihan sebanyak 31,05%.
Kata Kunci : analisis kesalahan bahasa, skripsi, mahasiswa IKIP PGRI Bali
Keywords : error analysis, work skripsion, high school IKIP PGRI Bali
This study aimed to describe the error phonology, semantics, morphology and syntax in the thesis Department of Language Teachers' Training PGRI Bali. This study uses descriptive qualitative research design. Subjects of this study is the thesis Department of Language Teachers' Training PGRI Bali while the object is a mistake phonology, semantics, syntax, and morphology. Data collection techniques used is the method of documentation. Documentation methods used to retrieve data from the level of language errors phonology, semantics, morphology, and syntax. Methods of data analysis in this research is qualitative data analysis procedures that include three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that, in every level of student thesis contained errors phonology, semantics, morphology and syntax. There are errors in the level of phonological changes and omissions of phonemes phonemes. Level error semantics that is a mistake because the cognate pairs and pairs terancukan error. In the morphological level, there are mistakes affix removal, noise should not be assimilated yield, yielding sounds that should not yield, replacement morph, morph condensation, the determination of the form of words that are not appropriate, affix improper placement. Level error sintakis covers, improper use of prepositions, errors wording, use of excessive elements, use of excessive superlatife form, penjamakan double. Use the form reciprocal improper, illogical sentence, the sentence is ambiguous, and sequences that are not parallel. The conclusions of this research is, in phonology dominated by mistake phonemes change as much as 92.85%. In the semantic level is dominated by mistake mistake cognate pairs as much as 100%. Form error morphology is dominated by the sound of error that should not be assimilated yield as much as 30.03%, and form a syntax error is dominated by mistake excessive use of the elements as much as 31.05%.
keyword : error analysis, work skripsion, high school IKIP PGRI Bali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan fonologi, semantik, morfologi dan sintaksis dalam skripsi Jurusan Bahasa IKIP PGRI Bali. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah skripsi Jurusan Bahasa IKIP PGRI Bali sedangkan objeknya adalah kesalahan fonologi, semantik, sintaksis, dan morfologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data kesalahan berbahasa dari tataran fonologi, semantik, morfologi, dan sintaksis. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah prosedur analisis data kualitatif yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam setiap skripsi mahasiswa terdapat kesalahan tataran fonologi, semantik, morfologi dan sintaksis. Dalam tataran fonologi terdapat kesalahan perubahan fonem dan penghilangan fonem. Kesalahan tataran semantik yaitu kesalahan karena pasangan seasal dan kesalahan pasangan terancukan. Dalam tataran morfologi, terdapat kesalahan penghilangan afiks, bunyi yang seharusnya luluh tidak diluluhkan, peluluhan bunyi yang seharusnya tidak luluh, penggantian morf, penyingkatan morf, penentuan bentuk kata yang tidak tepat, penempatan afiks yang tidak tepat. Kesalahan tataran sintakis meliputi, penggunaan preposisi yang tidak tepat, kesalahan susunan kata, penggunaan unsur yang berlebihan, penggunaan bentuk superlatife yang berlebihan, penjamakan yang ganda. penggunaan bentuk resiprokal yang tidak tepat, kalimat yang tidak logis, kalimat yang ambigu, dan urutan yang tidak paralel. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu, dalam fonologi didominasi oleh kesalahan perubahan fonem sebanyak 92,85%. Dalam tataran semantik didominasi oleh kesalahan kesalahan pasangan yang seasal sebanyak 100%. Wujud kesalahan morfologi didominasi oleh kesalahan bunyi yang seharusnya luluh tidak diluluhkan sebanyak 30,03%, dan wujud kesalahan sintaksis didominasi oleh kesalahan penggunaan unsur yang berlebihan sebanyak 31,05%.
Kata Kunci : analisis kesalahan bahasa, skripsi, mahasiswa IKIP PGRI Bali
Keywords : error analysis, work skripsion, high school IKIP PGRI Bali
This study aimed to describe the error phonology, semantics, morphology and syntax in the thesis Department of Language Teachers' Training PGRI Bali. This study uses descriptive qualitative research design. Subjects of this study is the thesis Department of Language Teachers' Training PGRI Bali while the object is a mistake phonology, semantics, syntax, and morphology. Data collection techniques used is the method of documentation. Documentation methods used to retrieve data from the level of language errors phonology, semantics, morphology, and syntax. Methods of data analysis in this research is qualitative data analysis procedures that include three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that, in every level of student thesis contained errors phonology, semantics, morphology and syntax. There are errors in the level of phonological changes and omissions of phonemes phonemes. Level error semantics that is a mistake because the cognate pairs and pairs terancukan error. In the morphological level, there are mistakes affix removal, noise should not be assimilated yield, yielding sounds that should not yield, replacement morph, morph condensation, the determination of the form of words that are not appropriate, affix improper placement. Level error sintakis covers, improper use of prepositions, errors wording, use of excessive elements, use of excessive superlatife form, penjamakan double. Use the form reciprocal improper, illogical sentence, the sentence is ambiguous, and sequences that are not parallel. The conclusions of this research is, in phonology dominated by mistake phonemes change as much as 92.85%. In the semantic level is dominated by mistake mistake cognate pairs as much as 100%. Form error morphology is dominated by the sound of error that should not be assimilated yield as much as 30.03%, and form a syntax error is dominated by mistake excessive use of the elements as much as 31.05%.
keyword : error analysis, work skripsion, high school IKIP PGRI Bali
Refbacks
- There are currently no refbacks.