DEVELOPING PROBLEM-BASED INSTRUCTIONAL MATERIALS WITH CHARACTER INSERTION ACCORDING TO CURRICULUM 2013 FOR GRADE EIGHT OF JUNIOR HIGH SCHOOL

NI MADE DITA SINTADEWI ., DR. LUH PUTU ARTINI, M.A. ., Dr. DEWA PUTU RAMENDRA, S.Pd.,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris menggunakan pembelajaran berbasis masalah berdasarkan kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas 8, menggambarkan bagaimana nilai-nilai karakter dimasukkan ke dalam pembelajaran berbasis masalah berdasarkan kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas 8, dan menggambarkan kualitas dari materi pembelajaran yang dikembangkan. Subyek dari penelitian ini adalah para siswa dan guru kelas 8 SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menerapkan desain penelitian dan pengembangan yang berdasarkan teori Sugiyono (2011). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dari penelitian ini adalah checklist, kuisioner, studi dokumen yang dianalisa secara deskriptif. Materi pembelajaran terdiri dari masalah-masalah yang diimplementasi melalui kegiatan mengobservasi, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, mengkomunikasikan. Materi pembelajaran juga mengandung karakter yang disisipkan melalui aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan dalam proses belajar-mengajar berdasarkan metode pembelajaran berbasis masalah. Kualitas dari materi yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat tinggi, karena nilai rata-rata yang diperoleh dari penguji ahli yaitu 4.22 ( ≥ 4.05). Maka dari itu, materi pembelajaran ini dapat digunakan sebagai contoh untuk melaksanakan pembelajaran berbasis masaah dengan menyisipkan karakter di SMP.
Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pembelajaran Berbasis Masalah, Karakter Pendidikan

This study aimed at developing materials which could be used for teaching English using Problem-Based Learning according to Curriculum 2013 for grade eight of Junior High School, describing how Problem-Based Learning instructional materials provide for character insertion according to Curriculum 2013 for grade eight of Junior High School, and describing the quality of the developed materials. The subjects of this study were students and English teachers of grade eight in SMP Negeri 1 Singaraja. This study applied research and development design proposed by Sugiyono (2011). The instruments used to collect the data of this study were checklist, questionnaire, and document study which were analyzed descriptively. The developed materials consist of problems which were implemented through the activities of observing, questioning, exploring, associating, and communicating. The developed materials also provide for character insertion through learning activities which are conducted in teaching-learning process based on Problem-Based Learning Method. The quality of the developed materials can be categorized as excellent, since the main score obtained from the expert judges is 4.22 ( ≥ 4.05). Therefore, these instructional materials can be treated as a sample model for implementing Problem-Based Learning with character insertion in Junior High School.
keyword : Curriculum 2013, Problem-Based Learning, Character Education

Refbacks

  • There are currently no refbacks.