PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN BALI POST PADA SISWA KELAS XI SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR

NI MADE RINAYANTHI ., DR. GDE ARTAWAN, M.Pd. ., PROF. DR. I NENGAH MARTHA, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar membaca cepat dengan menggunakan “Bali Post” yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari buku siswa. Penelitian ini dilaksanakam di SMA (Slua) Saraswati 1 Denpasar, dengan subjek penelitian disesuaikan dengan tahapan-tahapan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa dan guru, tes indikator membaca dan mengukur kemampuan membaca cepat. Data yang telah dikumpulkan diolah secara deskriptif kualitatif
Hasil penelitian adalah bahan ajar membaca cepat dengan menggunakan “Bali Post” yang berkualitas valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) hasil validasi dari 2 ahli pakar menunjukan 3,0 yang berarti valid dan dapat digunakan dalam uji coba terbatas dan uji coba luas 2) hasil kepraktisan bahan ajar yang diberikan berupa angket respon guru dan siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas dengan subjek siswa memberikan skor rata-rata 3.2 dan skor rata-rata dari guru 3.4 maka dengan demikian dapat dikatakan bahan ajar ini praktis dapat digunakan. 3)hasil keefektifan bahan ajar membaca dihitung dari hasil tes siswa yang kemudian digunakan sebagai hasil persentase untuk mengukur kemampuan kecepatan membaca siswa maka hasil yang diperoleh efektif digunakan dengan nilai rata-rata siswa 38,95 dan merupakan kriteria sangat baik dan kemampuan rata-rata siswa dalam membaca cepat adalah 200 kata permenit (Kpm). Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan secara signifikan terhadap bahan ajar yang digunakan berdasarkan 3 aspek yang sudah diuji cobakan, dengan demikian bahan ajar membaca cepat dengan menggunakan “Bali Post” berupa Buku Siswa dapat digunakan secara mandiri dan kelompok karena menarik dan efektif untuk pembelajaran membaca.

Kata Kunci : Pengembangan bahan ajar, Membaca cepat, Bali Post

This aims of this research to obtain a speed reading instructional materials by using "Bali Post" is a valid, practical, and effective. The type of this research is development research. Teaching materials developed consists of student books. This study is implemented in Saraswati high school (Slua) 1 Denpasar, the research subjects adapted to the stages of research. The instrument used in this research is the validation sheet, questionnaire responses of students and teachers, test indicator measures the ability to read and a quick read. Processed data collected by qualitative descriptive.
Results of the research is a quick read teaching materials using the "Bali Post" is a valid quality, practical and effective. These results indicate that: 1) the results of two expert validation shows 3.0 which means a valid and can be used in limited trials and extensive testing 2) the results of the practicality of teaching materials in the form of questionnaire responses of teachers and students on a limited trial and extensive trials with subjects students gave an average score of 3.2 and an average score of 3.4, the teacher can thus be said this practical teaching materials can be used. 3) read the results of the effectiveness of instructional materials was calculated from the results of tests students are then used as the results for the percentage of students reading speed capability then effectively use the results obtained with an average value of 38.95 students and an excellent criterion and average ability students speed reading is 200 words per minute (KPM). Based on these findings it can be concluded that there are significant improvements in the use of teaching materials based on 3 aspects that has been tested, thus teaching materials read quickly by using the "Bali Post" Students Books can be used independently and as interesting and effective group learning read.
keyword : The development of teaching materials, reading quickly,

Refbacks

  • There are currently no refbacks.