DEVELOPING SUPPLEMENTARY ENGLISH VOCABULARY FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF THE GOVERNMENT ELEMENTARY SCHOOLS IN BADUNG REGENCY

Ayu Wisudayanti

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengenali jenis kosakata yang disajikan untuk siswa kelas empat Sekolah Dasar negeri di Kabupaten Badung berdasarkan silabus, (2) menginvestigasi jenis-jenis materi tambahan yang seharusnya dikembangkan untuk siswa kelas empat Sekolah Dasar negeri di Kabupaten Badung, dan (3) mengembangkan materi tambahan kosakata bahasa Inggris untuk siswa kelas empat Sekolah Dasar negeri di Kabupaten Badung. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan penelitian dan pengembangan yang dianjurkan oleh Sugiyono (2010). Isi dari produk penelitian berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang disebutkan di dokumen BNSP. Kosakata yang disajikan untuk siswa kelas empat tersebut di atas meliputi kosakata yang sesuai untuk mendeskripsikan atau kosakata di bawah kategori: (1) perkenalan, (2) benda-benda di ruang kelas, (3) anggota keluarga, (4) kegiatan di kelas, (5) pakaian, dan (6) binatang. Jumlah kosakata yang diperkenalkan adalah seratus tujuh puluh kata yang meliputi seratus enam puluh tiga kata yang tergolong pada content words dan tujuh kata yang tergolong pada function words. Materi kosakata tambahan yang seharusnya dikembangkan meliputi (1) lihat gambar dan pelajari gambar tersebut, (2) melengkapi kata-kata and mencocokannya dengan gambar yang tepat, (3) menyusun huruf-huruf acak dan mencocokkannya dengan gambar yang tepat, (4) membuat kalimat berdasarkan gambar yang diberikan untuk setiap nomor, (5) membaca wacana dan melingkari benda-benda yang disebutkan dalam wacana tersebut, (6) mengganti gambar dengan kata-kata, (7) menemukan dan menulis kata-kata, dan (8) mengerjakan teka-teki. Produk yang berbentuk materi tambahan diujicobakan dua kali. Pertama, produk diujicobakan pada 27 siswa kelas 5 SD No. 4 Mengwitani. Hasil dari data analisis menunjukkan bahwa ada dua soal yang tidak valid dan ada beberapa soal yang tidak tergolong pada kategori sangat baik untuk index diskriminasi. Oleh karena itu, produk direvisi berdasarkan data analisa dan saran dari pembimbing dan tim ahli. Kedua, produk diujicoba di enam SD negeri di Kabupaten Badung. Hasil data analisis menunjukkan semua soal valid dan digolongkan pada kategori rata-rata dan sangat baik untuk index diskriminasi yang berarti bahwa produk tidak perlu direvisi lagi.
2  
Oleh karena itu, produk tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kosakata siswa kelas 4 sebagai materi tambahan dalam belajar kosakata bahasa Inggris.  
Kata Kuci: kosakata, materi tambahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.