Pengaruh Kebiasaan Berbahasa Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Menulis Narasi Siswa Kelas III SD Negeri 6 Pedungan.
Abstract
ABSTRAK
Gunasari, Candra. 2012. Pengaruh Kebiasaan Berbahasa Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Menulis Narasi Siswa Kelas III SD Negeri 6 Pedungan. Pembimbing: (1) Prof. Dr. I Made Sutama, M.Pd, dan (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd
Kata Kunci: kebiasaan berbahasa, kemampuan membaca pemahaman dan menulis narasi
Penelitian ini mengkaji masalah kebiasaan berbahasa siswa dilihat dari penggunaan bahasa dilingkungan keluarga. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian kuantitatif ekpos fakto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 6 Pedungan. Masing-masing siswa dalam kelas tersebut berjumlah 42 orang. Total jumlah sumber data adalah 84 siswa. Objek penelitian ini secara umum adalah terkait dengan kebiasaan berbahasa siswa. Siswa di kelas III SD tersebut memiliki kebiasaan berbahasa yang berbeda berdasarkan lingkungan keluarga di rumah masing-masing. Guna mendapatkan data yang relevan, dalam penelitian ini digunakan tiga metode pengumpulan data yaitu kuesioner, pemberian tes, dan penugasan (pemberian tugas). Teknik analis data dilakukan dengan T-Test atau T-score. Pengunaan T-Test dalam menganalisis data adalah karena T-Test pada prinsipnya adalah suatu teknik statistik untuk menguji hipotesis, tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara dua kelompok sampel. Mencari nilai T uji sampel berpasangan dengan alat bantu sofwtware SPSS For Windows 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa kelas III SD N 6 Pedungan yang berkebiasaan bahasa Bali dan yang berkebiasaan bahasa Indonesia, tidak terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa kelas III SD N 6 Pedungan yang berkebiasaan bahasa Bali dan yang berkebiasaan bahasa Indonesia, dan tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca dan menulis antara siswa kelas III SD N 6 Pedungan yang berkebiasaan bahasa Bali dan yang berkebiasaan bahasa Indonesia. Perbedaan nilai tersebut tidak terlalu signifikan sehingga kemampuan siswa terlihat tidak jauh berbeda.
Alpha
ABSTRACT
Gunasari, Candra. Of 2012. Habits Of The Net Effect of Reading Comprehension Ability and Narrative Writing Class III Elementary School Students Pedungan 6. Supervisor: (1) Prof. Dr. I Made Sutama, M.Pd, and (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd.
Keywords: language habits, reading comprehension and writing ability of narrative
This study examines the issue of students viewed the habit of speaking the language of the family environment. Therefore, this research was conducted using quantitative research design of exposure facto. Subjects in this study were elementary school students in grade III N 6 Pedungan. Each student in the class numbered 42 people. Total number of data sources is 84 students. General object of this study is related to the habit of speaking students. Elementary school students in the class III had a habit of speaking that vary based on the family environment in their homes. In order to obtain relevant data, in this study used three methods of data collection are questionnaires, giving a test, and assignment (giving the task). Engineering data analysts conducted by T-Test or T-score. Use of T-Test in analyzing the data is due principally T-Test is a statistical technique to test the hypothesis, about the presence or absence of significant differences between the two groups of samples. Finding the value of paired sample T test with a tool sofwtware SPSS 17.0 For Windows. The results showed that there was no difference in reading comprehension skills among elementary school students in grade III N 6 Pedungan that berkebiasaan berkebiasaan Balinese and Indonesian, there is no difference between students' narrative writing skills III class 6 SD N berkebiasaan Pedungan the Balinese language and the language Indonesia, and there is no difference between the ability to read and write elementary school students in grade III N 6 Pedungan that Balinese and Indonesian. Difference value is not too significant, so the ability of students do not look much different.
Refbacks
- There are currently no refbacks.