PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA KARYA WISATA SINGARAJA

Kiki Aulia Rizki

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontruktivisme terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMA Karya Wisata Singaraja, (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontruktivisme terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Karya Wisata Singaraja. (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kontruktivisme terhadap aktivitas belajar dan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Karya Wisata Singaraja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Karya Wisata Singaraja yang tersebar dalam tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling secara bertahap. Dari tujuh kelas diplilih dua kelas sebagai sampel. Dari dua kelas ini dipilih secara random kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan desain the post test only control group design. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu analisis t-test dan analisis multivarian (manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model  pembelajaran kontruktivisme terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMA Karya Wisata Singaraja. Rata-rata aktivitas belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontruktivisme sebesar 93 dan dikategorikan sangan aktif, sedangkan rata-rata ativitas belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 74,5 dan dikategorikan aktif, (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kontruktivisme terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Karya Wisata Singaraja. Rata-rata kemampuan menulis puisi kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontruktivisme sebesar 77,2 dan dikategorikan baik, sedangkan rata-rata kemampuan menulis puisi kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 51,2 dan dikategorikan cukup baik, (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kontruktivisme terhadap aktivitas belajar dan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Karya Wisata Singaraja. Rata-rata aktivitas belajar dan kemampuan menulis puisi siswa menggunakan model pembelajaran kontruktivisme lebih tinggi dari rata-rata aktivitas dan kemampuan menulis puisi kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Bagi siswa, dapat mengatasi kesulitan dalam menulis puisi sehingga siswa dapat menulis puisi dengan baik, (2) Bagi  guru, mata pelajaran Bahasa Indonesia, penelitian ini dapat membuka cakawala guru dan dapat dijadikan strategi alternatif dalam mengelola pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran kontruktivisme sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran menulis puisi di sekolah. (3) Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan bagi peneliti lain ketika melakukan penelitian sejenis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.