PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS DISKUSI DAN TEKS ULASAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII A1 DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Ni Kd Dewi Yudiarmika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) evaluasi dalam pembelajaran menyusun teks diskusi dan teks ulasan siswa kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja dengan pendekatan saintifik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja. Objek penelitian yaitu (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) evaluasi dalam pembelajaran menyusun teks diskusi dan teks ulasan siswa kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja dengan pendekatan saintifik. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan motode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) rencana pelaksanaan pembelajaran disusun berdasarkan komponen dan sistematika RPP Kurikulum 2013 mengacu pada silabus, hanya saja terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu, (2) pelaksanaan pembelajaran pada materi pokok teks diskusi sudah menerapkan pendekatan saintifik. Namun, pada materi pokok teks ulasan, terdapat ketidaksesuaian antara pelaksanaan dengan rencana pembelajaran, (3) evaluasi dalam pembelajaran mencakup penilaian proses dan hasil pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini meliputi, (1) rencana pelaksanaan pembelajaran disusun berdasarkan komponen dan sistematika RPP Kurikulum 2013 mengacu pada silabus, hanya saja terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu, (2) pelaksanaan pembelajaran pada materi pokok teks diskusi sudah menerapkan pendekatan saintifik. Namun, pada materi pokok teks ulasan, terdapat ketidaksesuaian antara pelaksanaan dengan rencana pembelajaran, (3) evaluasi dalam pembelajaran mencakup penilaian proses dan hasil pembelajaran. Peneliti penyarankan (1) guru perlu menyusun RPP sesuai dengan pedoman penulisan, pelaksanaan sesuai dengan RPP, dan melakukan evaluasi berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, (2) kepala sekolah perlu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan, (3) peneliti lain hendaknya melakukan penelitian dengan kajian yang lebih luas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.