PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP PGRI 9 DENPASAR

Anak Agung Istri Hendriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh pemanfaatan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa SMP PGRI 9 Denpasar, (2) ada tidaknya pengaruh interaksi antara pemanfaatan media audio visual dan motivasi belajar bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis teks cerpen, (3) ada tidaknya pengaruh pemanfaatan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks cerpen, siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa tinggi, dan (4) ada tidaknya pengaruh pemanfaatan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks cerpen, siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 9 Denpasar yang memiliki motivasi belajar bahasa tinggi dan rendah. Objek penelitian ini adalah pengaruh media audio visual terhadap kemampuan siswa menulis teks cerpen. Data motivasi belajar bahasa siswa dikumpulkan melalui kuesioner motivasi belajar bahasa dan data kemampuan menulis teks cerpen siswa dikumpulkan dengan tes menulis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Anava dua jalur melalui uji F dan Uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh (1) pemanfaatan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks cerpen, (2) interaksi antara pemanfaatan media audio visual dan motivasi belajar bahasa terhadap kemampuan menulis teks cerpen, (3) pemanfaatan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa tinggi, dan (4) pemanfaatan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa (1) pemanfaatan media audio visual memiliki pengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks cerpen, (2) terdapat pengaruh interaksi antara pemanfaatan media audio visual dan motivasi belajar bahasa terhadap kemampuan siswa menulis teks cerpen, (3) pemanfaatan media audio visual memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa tinggi, dan (4) pemanfaatan media audio visual memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa rendah. Oleh karena itu, disarankan kepada guru dalam proses pembelajaran menulis khususnya menulis teks cerpen menggunakan media audio visual. Selain itu, guru juga perlu mempertimbangkan atau memperhatikan motivasi belajar bahasa yang dimiliki oleh siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.