PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DITINJAU DARI MINAT BACA PADA SISWA KELAS X SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ni Wayan Rumasni

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (2) ada tidaknya pengaruh interaksi antara pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (3) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis laporan hasil observasi pada siswa yang memiliki minat baca tinggi, dan (4)  ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa yang memiliki minat baca rendah. Rancangan penelitian ini eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Denpasar yang memiliki minat baca tinggi dan rendah. Data minat baca siswa dikumpulkan melalui kuesioner minat baca dan data kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dikumpulkan dengan tes menulis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Anava dua jalur melalui uji F dan Uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,  (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek  terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa yang memiliki minat baca tinggi, dan (4) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa yang memiliki minat baca rendah. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, serta menanamkan pentingnya kegiatan membaca bagi siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.