PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK-INOVATIF GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KUBU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran saintifik-inovatif yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kubu. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru dan objek penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendala-kendala penerapan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan identifikasi, klasifikasi, penafsiran, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan model pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu silabus dan penyusunan RPP. Silabus yang digunakan berasal dari Kemdikbud dan RPP disusun berdasarkan Permendikbud Nomor 103 tahun 2014. (2) pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Di samping itu, guru memvariasikan model pembelajaran dengan bamboo dancing, artikulasi, dan debat aktif. (3) evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, yaitu penilaian proses dan hasil. (4) kendala-kendala yang dihadapi meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Simpulan penelitian ini adalah perencanaan model pembelajaran berpedoman pada silabus dan RPP. Pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan langkah-langkah pendekatan saintifik. Evaluasi model pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, yaitu penilaian proses dan hasil. Kendala-kendala yang dihadapi meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru disarankan lebih cermat dalam menyusun RPP dan pihak sekolah memberikan pelatihan terkait implementasi model pembelajaran saintifik-inovatif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.