PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BATURITI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis teks anekdot yang berbasis kurikulum 2013 dikelas X SMA Negeri 1 Baturiti. (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks anekdot yang berbasis kurikulum 2013 di kelas X SMA Negeri 1 Baturiti dan (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran menulis teks anekdot yang berbasis kurikulum 2013 di kelas X SMA Negeri 1 Baturiti. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Rancangan deskriptif kualitatif digunakan untuk memperoleh gambaran yang jelas, objektif, sistematis, dan cermat mengenai fakta-fakta actual dalam menulis teks anekdot. Lingkup penelitian ini yaitu pembelajaran menulis teks anekdot pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X semester ganjil. Sementaraitu, objek penelitian ini pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Baturiti. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (a) dokumentasi, (b) observasi, dan (c) metode wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif mengikuti teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, bahwa RPP yang dibuat oleh guru memiliki beberapa kelemahan, yaitu: tujuan pembelajaran tidak sesuai dengan indikator, materi pengayaan,alokasi waktu pada langkah-langkah pembelajaran tidak tampak, dan lembar tes tulis yang dituangkan dalam RPP belum jelas mengarah pada indikator-indikator yang dijabarkan berdasarkan kompetensi dasar. Pada tahap pelaksanaan, terdapat ketidaksesuaian antara RPP yang dirancang oleh guru dengan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Hal ini tercermin dalam proses pembelajaran pada saat pelajaran berlangsung dan terakhir pada tahap evaluasi, pelaksanaan evaluasi memang sudah baik dan sudah sesuai dengan teknik dan bentuk penilaian autentik, hanya saja masih memiliki beberapa kelemahan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.