Implikatur Percakapan dalam Naskah Drama Gong Gusti Ayu Klatir Karya A.A. Wiyat S.Ardhi

Ida Ayu Purnami

Abstract


ABSTRAK  
Purnami, Ida Ayu. 2011. Implikatur Percakapan dalam Naskah Drama Gong Gusti Ayu Klatir Karya A.A. Wiyat S.Ardhi
Pembimbing I  : Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd.  
Pembimbing II : Dr. Arifin, M.Pd.
Kata Kunci: implikatur percakapan, naskah drama gong  
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) fungsi implikatur percakapan dalam naskah drama gong Gusti Ayu Klatir dan (2) konstruksi kebahasaan dalam implikatur percakapan pada naskah drama gong Gusti Ayu Klatir. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama gong Gusti Ayu Klatir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi dokumentasi. Metode studi dokumentasi tersebut digunakan untuk mengumpulkan data fungsi dan konstruksi kebahasaan implikatur percakapan dalam naskah drama gong Gusti Ayu Klatir. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) implikatur percakapan dalam naskah drama gong Gusti Ayu Klatir berfungsi asertif, direktif, dan ekspresif. (2) konstruksi kebahasaan implikatur percakapan dalam naskah drama gong Gusti Ayu Klatir menggunakan tuturan bermodus deklaratif dan interogatif. Secara umum, hasil penelitian ini berimplikasi terhadap kegiatan pembelajaran berbahasa, terutama pada aspek berbicara. Dalam hal ini, implikasinya berkaitan dengan kompetensi komunikatif, yang salah satunya adalah kompetensi strategi. Kompetensi strategi itu berkaitan dengan kemampuan memilih bahasa untuk meningkatkan efektivitas penutur dalam berkomunikasi kepada mitra tutur.    
ABSTRACT
Purnami, Ida Ayu. 2011. implicature in traditional drama script  Gusti Ayu Klatir written by A.A Wiyat S. Ardhi
Supervisor I  : Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd
Supervisor II  : Dr. Arifin, M.Pd
Key words: implicature, traditional drama script  
This research is a descriptive qualitative research aimed at describing (1) function of  implicature in traditional drama script Gusti Ayu Klatir , and (2) its language construction of implicature.  
The source of data in this research is traditional drama script Gusti Ayu Klatir. Metode used is documentation study method. This method is used to collect data of function and language construction of implicature in traditional drama script Gusti Ayu Klatir. Data analysis was conducted by reducing data, interpreting data, and drawing conclusion and verification.  
The results of study were: (1) the function of  implicature in traditional drama script Gusti Ayu Klatir were assertive, directive, and expressive. (2) the language construction of implicature in traditional drama script Gusti Ayu Klatir used declarative and interrogative. In this case, the implication is related to communicative competence, that is strategic competence. Strategic competence deals with the ability to choose language in order to increase the effectiveness of communication between the speaker and the listener.  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.