DAMPAK EFEKTIVITAS PESAN BAHAYA DAN GAMBAR SERAM PADA BUNGKUS ROKOK BAGI MAHASISWA DI KOTA SEMARANG.KAJIAN SOSIO-PRAGMATIK

Anita Diyah Permatasari

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk mendiskripsikan dampak efektivitas pesan bahaya dan gambar seram pada bungkus rokok bagi mahasiswa di kota Semarang. Adapun metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan sosio-pragmatik dengan pengolahan data deskriptif kualitatif dan pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Berdasarkan data yang terkumpul dari kajian sosio-pragmatik ini menyatakan bahwa pesan bahaya dan gambar seram  pada bungkus rokok dikalangan mahasiswa di kota Semarang diperoleh kesimpulan hasil penelitian tersebut bahwa kurang efektif  karena dampak yang ada pada mahasiswa dirasa  kurang. Pesan bahaya dan gambar seram  pada bungkus rokok dikategorikan sebagai tindak tutur lokusi yaitu tindakan bertutur dengan kata, frasa, dan kalimat sesuai dengan  makna yang dikandung oleh kata, frasa, dan kalimat itu, akan tetapi juga dapat dikategorikan dalam tindak tutur perlokusi, dimana suatu tuturan dipandang memiliki daya pengaruh bagi pendengarnya yang dapat dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja oleh penuturnya. Implikatur yang ditangkap mahasiswa di kota Semarang pun hampir sama secara keseluruhan.  Jika merokok paru-paru akan hitam; terkena penyakit bermacam-macam kanker seperti tenggorokan,mulut, paru-paru; dan bahkan menyebabkan kematian.

 

Kata kunci  :   Bungkus rokok, efektivitas, gambar, pesan, sosiopragmatik


Full Text:

PDF

References


Aedi, N. (2010). Instrumen Penelitian Dan Pengumpulan Data. Yogyakarta: FIP UPI.

Albery, Ian P. & Munafo. (2011). Psikologi Kesehatan, Panduan Lengkap dan Konprehensif Bagi Psikologi Kesehatan. Jakarta : Mitra Setia.

Angipora. Marius P. (1999). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aula, Lisa Ellizabeth. (2010). Stop Merokok! Sekarang atau Tidak Sama Sekali. Bandung : Garailmu.

Basu, Swasta. (1999). Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia.

Budiawan, R. Y. (2015). Kajian Sosio-Pragmatik Daya Pragmatik Tindak Tutur Pada Baleho Partai Politik Nasional Demokrat Yogyakarta. Prosiding Prasasti, 406-412.

Durianto, Darmadi, Widjaja Sugiarto, Anton W,.and Supratikno, Hendrawan. (2003). Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fandy. Tjiptono. (1997). Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta : Adi.

Hamdan, S. R. (2015). Pengaruh Peringatan Bahaya Rokok Bergambar Pada Intensi Berhenti Merokok. Jurnal Mimbar Vol. 31, No. 1.

Kasali, Renald, (1993). Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Grafiti.

Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip, (terjemahan A.B Susanto), (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Rahardi, K. (2009). Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto. (1993). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta.

Sugiyono (2008) Metode Penelitian Kantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widati, S. (Desember 2013). Efektivitas Pesan Bahaya Rokok Pada Bungkus Rokok Terhadap Perilaku Merokok Masyarakat Miskin. Jurnal Promkes Vol. 1, No. 2

Wulansari, Ririn. 2016. Hubungan Peringatan Kesehatan Bergambar Di Bungkus Rokok dengan Praktik Merokok Perokok Pemula pada SMP X di Kota Semarang . Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Volume 4, Nomor 5, Oktober 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.