PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA

Ningsih Ningsih, Yuliana Maria D’ Karmel Kara

Abstract


Siswa  di SMA Muhammadyah belum memperoleh hasil belajar yang baik, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris  nilai tidak memenuhi standar KKM yakni 75. Diperoleh data juga bahwa guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariatif, dimana guru masih terbiasa dengan menjelaskan materi, lalu meminta siswa untuk mengerjakan tugas yang sudah ada di dalam buku paket. Sedangkan menurut siswa, diperoleh data bahwa walaupun pelajaran bahasa Inggris sudah dipelajari sejak SMP tapi mereka masih merasa sulit  karena bedanya penulisan dan cara membacanya, dan  penguasaan grammar yang belum baik juga menjadi permasalahan mereka dalam berbicara. Selain itu, siswa merasa tidak percaya diri berbicara  depan kelas. peneliti  menerapkan model pembelajaran Talking Chips untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa SMA Muhamadyah  kelas X. Talking chips merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang dikembangkan pertama kali oleh Kagan (1992). Sampel  dalam penelitian ini adalah menggunakan pourposive sampling. untuk kelas ekspeeimen dipilih kelas IPS A dan utuk kelas kontrol dipilih kelas IPS B. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Instrumen yang dipakai adalah tes kemampuan berbicara bahasa inggris. Dari soal yang diberikan siswa diminta untuk  menceritakan kembali  dengan jenis teks narrative dan report secara lisan (oral test). Adapun indikator penilaian yang diberikan seperti: pemahamn (comprehension), pengucapan (pronounciation), tata bahasa (grammar), kosa kata (vocabulary), dan kelancaran (fluency). dari hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang  signifikant pengaruh strategi pembelajaran Talking Chips pada kemampuan berbicara siswa-siswi SMU Muhammadiyah Ende TA 2017/2018.

Kata kunci  :   1 Pembelajaran ; 2 Talking Stick ; 3 Berbicara


Full Text:

PDF

References


Al- Tamimi, N.O.M., & Tamimi, R.A.. 2014. Effectiveness Of Cooperative Learning in Enhancing Speaking Skills And Attitudes Towards Learning English. International Journal of Linguistics. 2014, Vol. 6., No 4. ISSN 1948 5425

Fitry, M.; Sari, W. Viqa; Eliyati; Aisyah, N.. (2016). The Effect Of Applying Talking Chips Technique On The Students’ Achievement In Speaking Ability. Proceedings of the Fourth International Seminar on English Language and Teaching (ISELT-4).ISBN: 978-602-74437-0-9. Pp.62-67

Hariyanto, Y. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Tipe Talking Chips terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semi Konduktor di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Elektro, Universitas Negeri Surabaya. 4 (3):999—1005.

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Manurung, Y. Hayulina. (2019). The Effect of Applying Talking Chips Technique on the Students’ Speaking Skill. Journal of English Language Learning (JELL). ISSN 2599-1019.

Nisa, K.,Raja, P., Nainggolan, F..2015. The Use Of Talking Chips Technique To Improve Students’ Speaking Ability. U-JET. Vol 4, No 1. Jurnal.FKIP.Unila. ac.id.

Prasetyowati, B.,Sujana1, Y. , Pudyaningtyas, A.R..(2016). Pengaruh Talking Chips terhadap Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun. KUMARA CENDEKIA Vol 4, No 1. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud

Putra, M. I .Ripo.(2015). The Effectiveness Of Talking Chips To Teach Speaking Viewed From Students’ Intelligence. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 4, No. 1, Juni 2015. Pp.124-140

Soleimani, H., Khosravi, A. Ghajar. (2018). The Effect of Kagan's Cooperative Structures on Speaking Skill of Iranian EFL Learners. International Journal of English Language and Translation Studies (.ISSN: 2308-5460). Pp.20-31

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syaripudin, U., Nuristiana, P. (2014). The Use Of Talking Chips Technique In Students' Impromptu Speaking (The Quasi Experimental Design at First Year in University of Swadaya Gunung Jati Cirebon).PERSPECTIVE : Journal of English Language and Learning, Vol(1) Number 1, Mei 2014 ISSN 2354-7340.Pp.129-133

Syafryadin.( 2013 ). The Use of Talking Chips Technique in Improving Students’ Speaking Achievement. International Conference The Future Of Education 3rd Edition. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia. Diambil dari :repository.upi.edu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.