PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI

Ritna Puji Wati, Nazla Maharani Umaya, Rawinda Fitrotul

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Bandar tahun pelajaran 2019/2020. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil nilai. Pada analisis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture and Picture dapat memudahkan peserta didik sehingga model Picture and Picture sudah tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.

Kata kunci  : Penerapan, Menulis Teks Eksplanasi, Model Pembelajaran Picture And Picture.


Full Text:

PDF

References


Andayani, Novita dkk. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama”. 2016. Diunduh dari laman http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/9994/7388. Pada 13 Maret 2019 pada pukul 08.00 WIB.

Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zainal. 20114. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suharsisni. 2013. Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asdar, Adam. “Perangkat Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Model Problem Based Learning (Studi Pengembangan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makasar)”. 2016. Diunduh dari laman http://ojs.unm.ac.id/retorika/article/view/3800. Pada 16 November 2018 pada pukul 21.00 WIB.

Dalman. 2014. Ketrampilan Menulis. Jakarta: Grafindo Persada.

Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Gultom, Pestauli. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014”. 2014. Diunduh dari laman http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15399. Pada 16 November 2018 pada pukul 21.20 WIB.

Tarigan, Justianus. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi”. 2018. Diunduh dari laman http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/9994/7388.Pada 16 November 2018 pada pukul 21.10 WIB.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bandung: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahyuni Sri. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa VII SMP Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2014/2015”. Diunduh dari laman http://digilib.unimed.ac.id/15636/. Pada tanggal 20 Maret 2019 pada pukul 13.30 WIB.

Mulyadi, dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-MTS Kelas VIII. Bandung: Yrama Widya.

Ngalimun. 2014. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ngalimun.2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurmalasari Arnita. “Remediasi Miskonsepsi Tekanan Hidrostatik Melalui Picture and Pictutre Berbantuan Guided Note Taking Di SMP”. Diunduh dari laman http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9336. Pada tanggal 20 Maret 14.00 WIB.

Rohmiyanah. “Penerapan Model Picture and Picture Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII Mts NU 22 Singorojo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2013/2014”. Diunduh dari laman http://library.upgris.ac.id/filedoc/fulltext/1f35187eaa217009.pdf. Pada tanggal 20 Maret 2019 pada pukul 13.00 WIB.

Shoimin. 2017. M. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: ALFABRTA cv.

Suherli, dkk. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (EdisiRevisi). Bandung: Angkasa.

Wiwik Yully Widyawati. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture dalam Keterampilan Menulis untuk Tingkat Universitas. Jurnal Kredo Vol. 2 No. 2 Hal. 226-241. Diunduh dari laman: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/3027. Pada tanggal 20 Maret 2019 pada pukul 15.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.