MAKNA METAFORIS DALAM DUNIA SEPAK BOLA

Annisa Purwani Nur Ayu Ningtyas

Abstract


Tulisan ini mendeskripsikan makna metafora dalam dunia sepak bola. Dengan metode deskriptif, data diperoleh dari tuturan komentator sepak bola. Data ini bersumber dari video yang didownload dari youtube. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan teknik simak dan catat. Hasil penelitian ini menunjukan jenis, fungsi, dan manfaat penggunaan metafora dalam sepak bola. Jenis metafora yang terdapat dalam penelitian ini antara lain metafora manusia yaitu metafora yang berhubungan dengan tubuh manusia, penggunaan metafora manusia pada sepak bola yaitu sontekan kaki kiri, metafora benda mati yaitu metafora metafora yang meliputi benda-benda yang tak bernyawa misalnya meja, buku, kursi, gelas dan sebagainya yang bisa hancur dan pecah, contoh penggunaannya membentur pagar dan metafora binatang yaitu metafora yang menggunakan binatang atau bagian tubuh binatang atau sesuatu yang berkaitan dengan binatang untuk pencitraan sesuatu yang lain, penggunaan metafora binatang dalam sepak bola adalah tandukan garuda pancasila Fungsi dan manfaat metafora dalam sepak bola  yaitu penggunaan makna metafora dalam sepak bola memberikan pengaruh yang sangat baik, salah satu manfaat dari adanya makna metafora dalam sepak bola yaitu membuat bahasa dalam tuturan yang digunakan komentator sepak bola menjadi menarik dan variatif dan mempunyai nilai seni tersendiri agar penonton tidak bosan.

Kata kunci  : Fungsi, Jenis, Manfaat, Metafora, Sepak Bola


Full Text:

PDF

References


Arimi, Sailal. 2015. Linguistik Kognitif. Yogyakarta: A.Com Press.

Aji, Wisnu Nugroho. 2016. Metafora Dalam Rubrik SepakBola Pada Harian Solopos. Diunduh dari laman https:// jurnal.uns.ac.id pada tanggal 15 Maret 2018 pukul 11.27 WIB.

Aminuddin. 1995. Stilistika; Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Endaswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Medpress

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kuswarini, Prasuri, Masdiana Zulvyati Hantik. 2018. Penerjemahan Metafora dalam Saman ke dalam Bahasa Prancis. Jurnal Ilmu Budaya Volume 6, Nomor 1, Hal. 186-195. Tersedia Pada: http://journal.unhas.ac.id/index.php/jib/article/view/4621.

Moelong, Lexy J. 1991. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:PTRemaja Rosdakarya

Morelent, Yetty. 2014. Gaya Bahasa Komentator Sepak Bola dalam Acara Indonesia Super League. Diunduh dari laman e-journal.bunghatta.ac.id pada tanggal 16 Maret 2018 pukul 10.20 WIB.

Permana, Indra. 2012. Majas Kiasan dalam Naskah Berita Sepak Bola di Harian Berita Olahraga Topskor. Diunduh dari laman e-journal.stkipsiliwangi.ac.id pada tanggal 15 Maret 2018 pukul 13.00 WIB.

Ray, Sukma Adelina. 2019. Analisis Jenis-Jenis Metafora dalam Surat Kabar: Kajian Semantik. Bahastra Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 3 No. 2 Hal. 146-150. Tersedia Pada: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1153.

Romli, Asep Syamsul M. 2006. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelejaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana UniversityPres.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Perkataan.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.